Sukses

Parenting

4 Tips Sederhana untuk Merangsang Kecerdasan Alami Anak

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan merupakan harta karun yang berharga dalam tumbuh kembang anak. Maka dari itu, orangtua harus pandai dan teliti khususnya dalam memperhatikan tumbuh kembang anak. Berita baiknya adalah untuk merangsang kecerdasan alami anak tidak selalu membutuhkan pendekatan yang rumit atau kursus-kursus tertentu. 

Setiap anak pada dasarnya akan memiliki kecerdasan alami, tetapi berdasarkan penelitian orangtualah yang memberikan dampak paling besar khususnya dalam mengembangkan kecerdasan alami mereka. Pada dasarnya kecerdasan diukur dari seberapa besar pemahaman kita terutama dalam pemahaman mereka dalam mengkonsumsi informasi. Intinya anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat menikmati belajar merupakan beberapa tandanya.  

Akan lebih memberikan dampak jika orangtua memilih pendekatan yang mudah untuk dilakukan dan bisa menjadi pilihan untuk penerapan sehari-hari. Hal ini dikarenakan kebiasaan akan lebih efektif dalam merangsang kecerdasan alami anak. Semua orang memiliki preferensinya masing dalam mendidik anak atau ada yang merasa kalau pola didik A lebih ribet daripada pola didik B dan sebaliknya. Maka dari itu hal yang paling penting dalam mendidik anak adalah kecocokkan cara didik dengan orangtua dan anak.

Melihat hal ini, FIMELA telah mengumpulkan 5 tips sederhana dalam dalam meningkatkan kecerdasan otak anak menurut salah satu situs international bernama MedicineNet.com.

Berinteraksi dengan Si kecil

Semua orang tahu kalau interaksi dengan anak dapat memberikan berbagai macam manfaat, mulai dari mengembangkan cara bersosialisasi, kepercayaan diri, bahkan meningkatkan kecerdasan. Ajaklah si kecil untuk berbicara tentang berbagai macam hal, entah itu tentang keseharian mereka atau keseharian mu. Hal ini secara langsung akan membantu mereka untuk menjadi lebih dekat denganmu dan kesehatan mental mereka juga akan membaik.

Sangat disarankan untuk memulai pembicaraan dengan pertanyaan yang open-ended dan jangan pernah close-ended. Dimana hal ini akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam pengembanggan pembentuka logika dalam pembuatan opini. Bacakan mereka cerita, hal ini secara tidak langsung akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan mereka khususnya pengembangan imajinasi.

Ajari Si Kecil untuk Memecahkan Masalah

Jika secara alami mereka dapat menyelesaikan masalah dengan mudah, selamat kamu mendapatkan anak yang memiliki kecerdasan alami. Jika tidak, secara perlahan kenalkan mereka dengan beberapa permasalahan sederhana. Dorong mereka untuk aktif dalam berpikir dan memecahkan semua masalah. 

Jangan terlalu fokuskan mereka dalam satu tujuan saja, dorong mereka untuk berpikir out of the box. Lihatlah bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah. Bisa saja kamu merasa terkejut dengan penemuan dan tanggapan yang ia dapat berikan.

Pola ini jika dilakukan secara berulang-ulang akan membantu mereka dalam menstimulasi otak dan membuat mereka lebih waspada dengan lingkungan dan tantangan diri.

Dorong Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rasa ingin tahu merupakan salah satu faktor dari kecerdasan alami. Maka dari itu, saat anak-anak bertanya tentang suatu hal jelaskan kepada mereka dan sabarlah. Jangan pernah menolak atau menghindari rasa ingin tahu si kecil. Memang akan frustasi jika menjelaskan hal yang sama, tetapi inilah yang dalam membuat mereka menjadi lebih pintar.

Jika anak-anak tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mulailah untuk memberikan pertanyaan dengan topik-topik yang sekiranya mereka suka. Misalnya jika dia suka menggambar, tanyalah dia tentang gambarnya. Atau kamu bisa meningkatkan rasa keingintahuannya ini dengan menggunakan permainan atau alat musik.

Bukan hanya itu, liburan ke museum, acara olahraga, atau movie date bersama si kecil tentunya akan meningkatkan rasa ingin tahunya. Hal ini dikarenakan mereka dipaparkan dengan hal baru yang kemudian akan menjadi topik baru untuk dibicarakan.

Dorong Mereka untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Salah satu faktor yang dapat mendorong si kecil jadi makin cerdas adalah aktivitas fisik. Saat mereka melakukan aktivitas fisik seluruh bagian tubuh si kecil akan bergerak dan akan merangsang beberapa semua indra mereka, mulai dari penciuman sampai sentuhan. 

Bukan hanya itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga akan membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan fisik yang kuat dan kesehatan mental si kecil juga akan stabil. Menambahkan, aktivitas fisik juga akan membantu meningkatkan peredaran darah dan membangun sel-sel otak.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading