Sukses

Parenting

6 Aktivitas Mengesankan untuk Dilakukan Bersama Anak yang Bentuk Kenangan Manis

Fimela.com, Jakarta Setiap keluarga pastinya ingin membuat kenangan indah bersama dengan orang terdekat. Apalagi kenangan itu akan membuat kenangan yang dapat memberikan kenangan sepanjang masa. Kehadiran si kecil memang salah satu kenangan indah pertama yang akan kita buat. Namun, bagaimana cara kita membuat kenangan yang indah bersama si kecil khususnya yang dapat dikenang sampai ia bertumbuh dewasa.

Membuat kenangan indah tidak harus yang besar. Namun, kenangan kecil juga dapat memberikan dampak yang sama dengan kenangan kecil. Khususnya jika kita ingin memberikan kenangan yang indah untuk anak-anak. Si kecil biasanya menghargai kenangan kecil, seperti pada saat membeli pizza, kamu mengizinkan mereka untuk memilih toping atau selama perjalanan menuju pizzaria kamu bercerita dan bernyanyi bersamanya. Sekilas memang tidak terlihat seperti apa-apa, tetapi aktivitas tersebut akan memberikan kenangan yang membekas.

Faktanya, si kecil ingin merasakan bahwa dia adalah manusia paling penting di hidupmu, atau ingin dilihat, diperhatikan, dirawat, dan dicintai apa adanya. Hanya sekedar memberikan mereka makanan favoritnya tanpa mereka minta, mereka akan merasa dihargai dan diingat. Tentunya effort  kecil ini akan membuat kenangan yang indah untuk mereka. Dengan gesture tersebut mereka akan mengetahui kalau orangtua benar-benar mencintai mereka dan gestur kecil akan memberikan senyuman kecil indah.

Melihat hal ini ada banyak orangtua yang merasa bingung perihal bagaimana cara yang tepat untuk memberikan kenangan yang bakal mengenang sampai mereka dewasa. Berikut adalah rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama si kecil berdasarkan Parent.com.

 

 

Aktivitas Bersama

Membuat Film Singkat dengan Si Kecil

Terdengar sepele tapi membuat film singkat bersama si kecil dapat memberikan mereka kenangan yang luar biasa contohnya kamu bisa membuat film singkat tentang manusia zombie dan seorang putri. Menambahkan kamu juga bisa merekam segala aktivitas yang sekiranya sangat berharga dan memberikannya kepada si kecil. Intinya rekaman setiap momen yang kamu kira berharga dan tunjukkanlah rekaman tersebut kepada anak mu ketika mereka sudah beranjak dewasa.

Bahkan sesederhana video kalian bernyanyi dan menari bersama akan membuat mereka mengenang kenangan yang dibuat bersama. Bukan hanya dapat dikenang, tapi bukti fisik itu akan terlihat sampai kapanpun itu.

 

Kotor-kotoran bersama

Izinkan anak berusia 3 tahun menikmati setiap genangan air yang mereka temukan, sementara anak berusia 6 tahun bermain di halaman belakang yang berlumpur tanpa sepatu hujan.

Akan lebih seru jika orangtua bergabung bersama si kecil untuk bermain air atau lumpur bersama. Jangan merasa jijik atau takut, kenangi saja aktivitas tersebut. Alhasil kenangan ini akan membekas seumur hidup.

 

Buatlah Tradisi

Tradisi pada umumnya saja dapat diingat sampai saat ini. Jika ingin sebuah kenangan di ingat sampai si kecil tumbuh dewasa buatlah sebuah tradisi atau ritual. Disarankan untuk mengkolaborasikan kenangan ini dengan apa yang mereka suka. Contohnya, makanan favorit si kecil adalah tahu goreng kecap, maka buatlah ritual kalau mereka akan mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari sabtu, atau memasak bersama setiap seminggu sekali.

Bukan hanya itu ritual ini bisa berupa kamu dan si kecil membuat ritual seperti slogan. Jadi slogan ini akan disebutkan bila kamu dan si kecil merasa tidak semangat.

 

 

Ekspresikan Dirimu Kepada Si Kecil

Sering Memberikan Pujian 

Semua orang di dunia ini pada dasarnya sangat menyukai pujian. Bahkan anak kecil sangat menyukai pujian. Berikan mereka banyak pujian terutama ketika mereka melakukan tindakan yang baik atau ketika mereka berhasil memecahkan masalah. Kamu bisa memuji mereka dengan cara “Wah, kamu sangat pintar” atau  “suaramu sangat bagus, aku sangat suka mendengarkanmu menyanyi.” Si kecil tentunya akan memberikan respon yang baik atas pujianmu ini.

 Menambahkan, setiap mereka membantu kamu menyelesaikan pekerjaan rumah atau apapun itu, ungkapkan rasa terima kasih. Tindakan ini dilakukan agar mereka dapat merasakan kalau semua tindakan yang mereka berikan ada manfaatnya.

 

Bikin Surat Kecil untuk Si Kecil

Tunjukan rasa cinta dan sayangmu dengan memberikan mereka surat kecil tiap harinya. kamu juga dapat meninggalkan gambar, puisi, atau lelucon lucu di papan tulis.

Menambahkan pada setiap bekal yang Kamu buat untuk si kecil, berikanlah surat didalamnya. Contohnya, “habiskan makanan ini sayang ibu atau ayah mencintaimu.”

 

Adopsi Peliharaan

Berikan perhatian dan tempat tinggal yang diperlukan bagi hewan peliharaan, seolah-olah Anda merawat anak. Jika merasa tidak siap untuk mengurus anjing atau kucing, pertimbangkan hewan lebih kecil seperti kelinci atau ikan.

FIMELA yakin dengan membelikan si kecil peliharaan, mereka juga akan memiliki kenangan yang indah.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading