Sukses

Parenting

Kenali Ciri-Ciri Kecerdasan Visual pada Anak, Penting Bagi Orangtua untuk Mengetahuinya

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki kecerdasan unik yang membuat mereka istimewa. Salah satunya adalah kecerdasan visual, yang membuat kita bisa mengerti dunia sekitar kita melalui gambar dan warna. Kecerdasan visual merupakan kemampuan untuk menilai, menganalisis, memahami, menyimpan, dan mengingat informasi visual. Dilansir dari Mybrightwheel.com, kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk memvisualisasikan, menciptakan, dan memanipulasi diri sendiri dan objek lain dalam ruang. 

Kecerdasan visual atau yang juga disebut sebagai kecerdasan visual spasial termasuk salah satu jenis kecerdasan dalam Teori Multiple Intelligences oleh Howard Gardner. Kemampuan spasial dalam kecerdasan ini mencakup cara seseorang mengenali objek dengan detail, bahkan saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, membayangkan pergerakan internal, dan memikirkan hubungan spasial. Dilansir dari Personality Max, orang-orang dengan kecerdasan visual spasial sangat sadar akan sekitarnya dan pandai mengingat gambar-gambar. Mereka memiliki kemampuan navigasi yang tajam sehingga pandai membaca dan menikmati peta.

Penting bagi orangtua untuk mengasah kecerdasan visual spasial kepada anak sejak dini. Kecerdasan visual spasial dapat ditingkatkan melalui aktivitas seperti membaca peta dan poster, menggambar diagram, membuat ilustrasi, membangun model, melukis, mewarnai, dan memecahkan puzzle.

Anak-anak dengan kecerdasan visual spasial biasanya memiliki potensi karir yang melibatkan kemampuannya tersebut, seperti seniman, arsitek, insinyur, fotografer, dan pilot. Kecerdasan visual spasial ini akan lebih mudah diliihat ketika mereka menginjak dewasa. Akan tetapi, kecerdasan ini bisa dilihat melalui perkembangan karakteristik seseorang sejak masa anak-anak.

Nah, berikut adalah ciri-ciri yang dapat dilihat ketika anak mempunyai kecerdasan visual yang. Para orangtua, simak baik-baik informasi ini, ya.

Menunjukkan minat pada seni visual

Anak-anak dengan kecerdasan visual spasial cenderung menunjukkan ketertarikannya pada seni visual. Dilansir dari Mybrightwheel.com, anak-anak dengan kecerdasan ini memiliki minat yang tinggi untuk menggambar, melukis, dan sebagainya. Sering kali, mereka juga suka melihat dan mengapresiasi arsitektur gedung-gedung. Mereka biasanya mengagumi desain bangunan, struktur, dan berfokus pada bentuk garis, warna, dan ruang.

Mudah mengenali pola

Kecerdasan visual yang dimiliki anak-anak memungkinkan mereka untuk mengenali pola dengan baik. Dilansir dari Mybrightwheel.com, anak-anak dengan kecerdasan ini mampu memvisualisasikan dunia, mengubah lingkungan berdasarkan persepsinya, dan mengingat detail-detail visual. Anak-anak dengan jenis kecerdasan ini sering kali pandai dalam mengenali pola dan menciptakan gambar visual lokasi atau objek.

Menunjukkan ketertarikan untuk membaca peta

Jika anak menunjukkan ketertarikannya pada peta, seperti senang mengamati dan mempelajari rute-rute yang ada di dalamnya, dapat diartikan bahwa anak memiliki kecerdasan visual spasial. Tidak hanya itu, anak-anak dengan jenis kecerdasan ini juga memungkinkan anak untuk memahami dan mengingat arah.

Menyukai permainan memori otak

Cobalah untuk memberikan anak permainan memori visual, seperti puzzle atau teka-teki gambar. Jika anak menunjukkan ketertarikannya terhadap permainan tersebut, kemungkinan mereka mempunyai kecerdasan visual yang tinggi. Mereka menikmati bermain permainan yang menikmati memori berulang karena hal ini menantang diri mereka untuk mengingat gambar, wajah orang, atau tempat-tempat.

Menggunakan gambar untuk mengekspresikan emosi

Dilansir dari Learningbp.com, anak-anak yang memiliki kecerdasan visual yang tinggi mampu mengungkapkan perasaan dan emosi mereka melalui seni. Mereka pandai menerjemahkan pemikiran mereka melalui menggambar. Kecerdasan visual yang tinggi membuat mereka mampu fokus terhadap detail, seperti garis, kontur, bayangan, warna, dan ekspresi.

Itulah beberapa ciri kecerdasan visual pada anak yang perlu diketahui orangtua. Kecerdasan visual adalah potensi yang sangat berharga dan kreatif. Dengan dukungan yang tepat, orangtua dapat membantu anak mengembangkan kecerdasan visual mereka dan menjelajahi dunia visual yang luar biasa.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading