Sukses

Parenting

5 Cara Agar Anak Memiliki Kecerdasan Maksimal Sejak dalam Kandungan

Fimela.com, Jakarta Orang tua mana yang tak bahagia, ketika mendapati buah hatinya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas? Anak cerdas adalah anugerah terindah bagi setiap orangtua. Bisa dipastikan, bahwa setiap orang tua sangat bahagia ketika mereka memiliki buah hati dengan kecerdasan maksimal. 

Mengenai kecerdasan, kecerdasan pada bayi ditentukan oleh banyak hal. Antaranya adalah genetik, nutrisi yang dikonsumsi ibu selama mengandung pun saat bayi lahir. Kecerdasan juga ditentukan oleh faktor lingkungan, pola asuh orangtua dan masih banyak lagi. 

Mengutip dari laman theasianparents.com, kecerdasan anak ternyata bisa dibentuk sejak ia berada dalam kandungan. Studi menemukan jika semakin baik Mom dalam merawat dan menjaga kehamilan, akan semakin besar potensi anak lahir cerdas. Dan berikut beberapa cara yang perlu dilakukan orangtua khususnya Mom untuk memiliki anak dengan kecerdasan maksimal.

Pola Hidup Sehat

Cara pertama yakni menerapkan pola hidup sehat. Pastikan Mom mencukupi kebutuhan nutrisi seimbang selama hamil. Selama hamil, konsumsi juga tablet tambah darah atau vitamin sesuai saran dokter atau bidan ahlinya. Lakukan juga olahraga dan tidur cukup setiap harinya. 

Studi menemukan jika olahraga ringan seperti jalan kaki, renang atau yoga selama kehamilan bisa membentuk otak cerdas pada janin di dalam kandungan. Sementara itu, asupan makanan yang berimbang, bernutrisi tinggi dan sehat, berdampak baik buat fisik pun psikis janin secara keseluruhan. Ini membantu memaksimal tumbuh kembang bayi. Pola hidup sehat juga menjamin kesehatan Mom selama hamil hingga momen persalinan pun menyusui nantinya.

Stop Merokok dan Hindari Asap Rokok

Cara agar anak lebih cerdas sejak di kandungan adalah stop merokok pun hindari asap rokok. Menjadi perokok aktif pun pasif sama-sama berbahaya buat ibu hamil. Zat nikotin pada rokok membatasi aliran darah ke otak janin yang sedang berkembang. Selain bisa menurunkan kecerdasan anak, asap rokok juga berpotensi membahayakan keselamatan anak sejak di dalam kandungan.

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Agar anak cerdas sejak di dalam kandungan, pastikan untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Konsumsi aneka makanan yang mengandung tinggi asam folat bahkan sejak merencanakan program kehamilan. 

Asam folat bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi sejak ia dalam kandungan. Beberapa makanan yang tinggi asam folat antaranya sayuran berdaun hijau, buah alpukat, kentang, jeruk, tomat, kacang-kacangan, sereal, biji bunga matahari dan sejenis. Konsumsi ikan dan telur yang tinggi omega 3 akan memaksimalkan kecerdasan anak.

Hindari Lingkungan yang Berbahaya

Cara agar anak cerdas sejak di kandungan yakni Mom menghindari lingkungan yang berbahaya serta tidak nyaman selama hamil. Lingkungan berbahaya contohnya adalah lingkungan dengan tingkat polusi tinggi, lingkungan yang memungkinkan adanya radiasi dari zat kimia dan lingkungan yang kumuh. Lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin di kandungan dan kesehatan Mom selama hamil pun setelah melahirkan.

Tenang dan Bahagia

Pastikan untuk merasa tenang dan bahagia selama hamil. Lakukan berbagai aktivitas yang meningkatkan kebahagiaanmu. Mom yang bahagia selama hamil, bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan anak sejak di kandungan. 

Usahakan untuk tetap rileks selama menjalani kehamilan. Ajak buah hati di kandungan gemar membaca, mendengar musik klasik atau melakukan aktivitas yang bikin bahagia. Kebahagiaan dari Mom sangat berpengaruh besar terhadap suasana hati dan otak janin. 

Itulah sekian cara agar bayi lebih cerdas sejak dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga Mom yang sedang hamil senantiasa sehat, bahagia dan menjalani kehamilan dengan sebaik mungkin setiap harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading