Sukses

Parenting

Pentingnya Mengajarkan Si Kecil Etika Bertamu Sebelum Berkunjung ke Rumah Orang

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, sebagai orangtua yang baik, sudah seharusnya kita mengajarkan sopan santun kepada anak-anak kita. Salah satunya adalah mengajarkan etika bertamu. Penting untuk mengajarkan anak tata krama ketika sedang berada di rumah orang lain.

Mengajarkan etika bertamu kepada anak membantu membentuk karakternya. Anak akan belajar tentang tanggung jawab, kesopanan, kepedulian, dan menghargai budaya dan norma sosial. Ketika anak diajarkan cara menghormati rumah dan properti milik orang lain, anak akan cenderung lebih berhati-hati, menjaga kebersihan, dan merawat barang. Hal tersebut merupakan tindakan menghargai pemilik rumah.

Etika bertamu adalah salah satu aspek penting dalam membangun hubungan sosial yang baik. Dengan mengajarkan hal-hal baik yang dilakukan saat bertamu ke rumah orang lain, anak dapat membentuk hubungan yang positif dengan teman, keluarga, dan tetangga.

Pada dasarnya, orangtua perlu mengajarkan anak sopan santun dan tata krama kepada anak sejak dini. Mengajarkan etika bertamu adalah salah satunya. Ketika anak-anak tahu bagaimana bersikap dengan sopan saat berkunjung ke rumah orang lain, mereka akan merasa lebih nyaman dan bahagia dalam situasi semacam ini. Mereka akan lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Nah, berikut adalah hal-hal yang harus diajarkan kepada anak saat berkunjung ke rumah orang.

1. Mengucap salam kepada pemilik rumah

Hal pertama yang harus dilakukan saat bertamu ke rumah orang adalah menyapa dan mengucapkan salam kepada pemilik rumah. Ajarkan anak untuk melakukan ini ketika mereka akan bertamu ke rumah orang lain. Ajarkan juga untuk tersenyum saat mengucapkan salam kepada pemilik rumah. Dengan begitu, pemilik rumah merasa dihormati kehadirannya.

2. Masuk ketika sudah dipersilakan

Kita perlu mengajarkan anak untuk tidak bersikap seenaknya, apalagi saat berkunjung ke rumah orang lain. Biasanya, ada beberapa anak yang terlalu bersemangat ketika mereka bertamu ke rumah orang lain, sampai-sampai mereka bisa masuk ke rumah orang tersebut sebelum dipersilakan.

Maka dari itu, orangtua penting mengajarkan anak untuk tidak masuk ke rumah orang sembarangan sebelum dipersilakan oleh pemilik rumahnya. Ajarkan anak untuk selalu mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum masuk ke rumah orang lain. Baru setelah pemilik rumah mempersilakan, anak bisa masuk ke rumah yang sedang dikunjunginya itu.

3. Selalu meminta izin sebelum melakukan sesuatu

Etika bertamu selanjutnya yang perlu diajarkan kepada anak adalah selalu meminta izin sebelum melakukan sesuatu kepada pemilik rumah. Kita tahu bahwa anak-anak biasanya memiliki rasa penasaran yang tinggi. Saat mereka ada di lingkungan baru, tak jarang mereka akan menyentuh atau mengambil barang-barang yang ada di sekitar mereka. Penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak tidak melakukan hal itu.

Selalu tanamkan kepada anak bahwa sebelum memegang atau meminjam barang saat berkunjung ke rumah orang lain, ada baiknya untuk meminta izin dahulu kepada pemilik rumah. Hal ini juga berlaku pada makanan maupun pada saat anak ingin pergi ke kamar mandi.

4. Ingat waktu saat bertamu

Ketika sudah asyik berkunjung ke rumah orang, anak-anak biasanya akan susah untuk diajak pulang bersama orangtua. Selalu ajarkan anak untuk tidak berlama-lama saat bertamu ke rumah orang lain. Berikan penjelasan kepada anak bahwa kita juga harus menghargai waktu pemilik rumah.

5. Berpamitan dan mengucapkan terima kasih sebelum pulang

Hal terakhir yang perlu diajarkan kepada anak saat berkunjung ke rumah orang adalah berpamitan dan mengucapkan terima kasih sebelum pulang. Penting untuk tidak hanya mengucapkan salam di awal saja, tetapi juga saat berpamitan ketika akan pulang. Ajarkan juga untuk mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bertamu kepada pemilik rumah. Dengan begitu, pemilik rumah akan merasa dihargai dan dengan senang hati akan menerima kedatangan kita kembali.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading