Sukses

Parenting

5 Sayuran Terbaik yang Direkomendasikan untuk Pendamping ASI

Fimela.com, Jakarta Ketika memasuki usia MPASI yakni di usia di atas enam bulan, anak penting mendapat asupan nutrisi terbaik setiap harinya. Apa yang dikonsumsi anak setiap harinya selain ASI, ini berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Setiap orangtua pun sebaiknya lebih teliti, jeli dan bijak dalam memberikan makanan ke buah hati. Termasuk saat memberikan mereka sayuran sebagai pendamping ASI. 

Saat memberikan MPASI, usahakan untuk mencukupi kebutuhan lemak, protein, serat, vitamin dan nutrisi sehat lainnya. Untuk sayuran, Mom harus lebih bijak lagi memilih sayuran terbaik. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa sayuran terbaik yang direkomendasikan untuk dijadikan pendamping MPASI. Sayuran ini selain enak juga sangat sehat dan terbilang sebagai super food. Apa saja sayuran tersebut? Yuk, simak yang berikut.

Brokoli

Sayuran terbaik pertama ada brokoli. Sayuran hijau ini mengandung banyak nutrisi sehat untuk tumbuh kembang buah hati. Brokoli juga  mudah lunak ketika dimasak sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan buah hati yang masih dalam tahap perkembangan. 

Brokoli mengandung vitamin C, B, K, serat, magnesium dan kalium. Ini juga kaya akan antioksidan yang baik buat pertumbuhan serta perkembangan anak. Brokoli bahkan menjadi sayuran terbaik yang digadang-gadang sebagai superfood di mana tak hanya meningkatkan stamina dan energi tetapi juga mencegah berbagai masalah kesehatan. 

Bayam

Sayur terbaik kedua untuk pendamping MPASI ada bayam. Sama seperti sayuran hijau lainnya, bayam mengandung beragam vitamin yang baik untuk tumbuh kembang buah hati. Bayam juga kaya akan antioksidan yang diperlukan tubuh bayi. 

Kandungan serat yang melimpah pada bayam, dipercaya sangat baik untuk sistem pencernaan bayi. Sebaiknya bayam dimasak hingga benar-benar matang saat diberikan ke buah hati. 

Wortel

Wortel mengandung vitamin A, beta karoten, kalium, serat dan vitamin K1. Sayuran berwarna oranye ini kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan buah hati. Saat dimasak, wortel mudah lunak dan memiliki tekstur yang lembut. Ini sangat baik buat sistem pencernaan buah hati yang masih dalam tahap perkembangan. 

Wortel memiliki cita rasa manis alami yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai perasa alami makanan. Saat memberikan wortel ke buah hati sebagai MPASI, ini tak perlu tambahan perasa seperti gula, garam atau sejenisnya. Cukup wortel yang dikukus atau direbus kemudian dihaluskan atau dilumatkan untuk dapatkan manfaat terbaiknya.

Labu

Labu adalah sayuran terbaik selanjutnya untuk buah hati sebagai pendamping ASI. Labu mengandung vitamin A, B, dan C serta kalium. Kukus labu kemudian tumbuk atau lumatkan agar lebih mudah dikonsumsi buah hati Mom. 

Labu juga bisa dimasak bersama bahan makanan lain kemudian dihaluskan dengan cara disaring sebelum diberikan ke buah hati. Baik labu air atau labu kuning, keduanya memiliki segudang manfaat yang mengesankan buat tumbuh kembang anak. 

Buncis

Sayuran terbaik selanjutnya untuk makanan pendamping ASI ada buncis. Buncis mengandung serat, vitamin C, K dan A serta zat besi. Buncis bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan kognitif buah hati. Ini juga sangat menyehatkan sistem pencernaan bayi yang masih dalam tahap perkembangan. 

Itulah beberapa daftar sayuran terbaik untuk makanan pendamping ASI buah hati. Untuk informasi lebih lanjut terkait gizi anak, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Tak hanya perlu mencukupi kebutuhan sayuran, Mom juga perlu mencukupi kebutuhan protein dari ikan, daging ayam, telur, daging merah dan nutrisi lain termasuk karbohidrat dari nasi dan umbi-umbian. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading