Sukses

Parenting

5 Rekomendasi Menu MPASI yang Mampu Tingkatkan Daya Ingat Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap anak pasti akan mengenal tekstur makanan melalui fase yang disebut dengan fase MPASI. Fase MPASI merupakan fase yang dihadapi oleh bayi yang berumur 6 bulan ke atas. Biasanya fase ini ditandai dengan bayi mulai makan makanan selain ASI ibu. Tekstur makanan juga akan diperkenalkan mulai dari yang lunak hingga keras. Tidak hanya itu menu yang dimakan juga harus sesuai dengan kebutuhan anak. 

Salah satu proses pertumbuhan anak yang muda diamati adalah bagaimana anak bisa mengingat seseorang di sekitarnya. Kamu harus tau asupan makanan yang masuk akan mempengaruhi tajamnya daya ingat anak. Berikut Fimela rangkum rekomendasi lima menu MPASI yang dapat menajamkan daya ingat anak.

1. Bubur dengan kombinasi ubi ungu dan ikan salmon

Makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon dapat membantu untuk menajamkan daya ingat anak. Selain salmon, ubi ungu juga mengandung antosianin yang memiliki manfaat untuk membantu mempertajam daya ingat dan mencegah kerusakan radikal bebas pada otak. Salah satu menu kombinasi MPASI yang sering dibuat adalah bubur ubi ungu dan ikan salmon. 

Untuk membuatnya juga mudah. Kamu perlu siapkan ubi ungu dan fillet salmon yang dipotong dadu, setengah cangkir ASI atau susu formula. Kemudian kupas dan cuci ubi ungu hingga bersih lalu sisihkan. Masak fillet salmon dengan menggunakan mentega, angkat salmon kemudian sisihkan kembali. Setelah itu kamu bisa kukus ubi ungu hingga empuk, masukan ke dalam blender beserta daging salmon yang sudah dimasak. Blender hingga halus dan tambahkan setengah cangkir ASI atau susu formula. Bubur kombinasi ubi ungu dengan salmon ini siap untuk dihidangkan. 

2. Bubur brokoli

Tahukah kamu jika sayuran hijau ini juga memiliki peran penting untuk mempertajam daya ingat pada anak? Brokoli mengandung kolin dan vitamin K yang dapat mendukung perkembangan otak pada anak sehingga anak dapat mempertajam ingatannya. Salah satu menu MPASI yang direkomendasikan adalah bubur brokoli. 

Untuk membuat bubur brokoli juga sangat mudah. Pertama kamu siapkan beras yang sudah dicuci bersih, daging ayam yang sudah dicincang halus, tahu putih yang sudah dicincang halus, brokoli yang sudah dicincang halus dan mentega. Pertama kamu bisa taruh beras, daging ayam, dan tahu ke dalam panci kemudian masak hingga beras menjadi bubur dengan tekstur agak kental, masukkan brokoli dan mentega, kemudian blender seluruh bahan atau saring dengan menggunakan saringan hingga halus, bubur brokoli siap untuk dinikmati oleh anak. Rasanya yang creamy dengan perpaduan tahu, ayam, dan brokoli akan memanjakan lidah anak. 

3. Bubur Wortel

Selain untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga menyimpan manfaat untuk perkembangan otak anak. Wortel mengandung luteolin yang dapat mencegah peradangan otak dan hilangnya memori. Selain itu, wortel juga dapat membantu anak untuk mempertajam daya ingatnya, salah satu menu MPASI andalan yang berbahan dasar wortel adalah bubur wortel. 

Untuk membuatnya cukup mudah. Kamu bisa siapkan beras yang sudah dicuci bersih, wortel yang sudah dicuci bersih, kentang yang sudah dicuci bersih dan air. Pertama kamu bisa masak beras hingga menjadi bubur dengan tekstur agak kental, iris tipis wortel dan kentang kemudian masukkan ke dalam bubur, aduk hingga wortel dan kentang menjadi hancur, kamu bisa saring ataupun blender bubur tersebut. Bubur wortel siap dihidangkan untuk anak. 

 

 

4. Nasi tim ayam

Tahukah kamu jika daging ayam mengandung vitamin B kompleks yang terdiri atas vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat yang masing-masing memiliki peran untuk fungsi sistem saraf otak serta  membantu mempertajam daya ingat?Jika anak sudah dapat mengunyah makanan dengan tekstur padat, kamu bisa coba buat nasi tim ayam untuk anakmu.

Bahannya cukup mudah. Kamu bisa siapkan nasi putih, fillet paha ayam yang sudah dicincang, wortel yang sudah dicincang, jamur kancing yang sudah dicincang, daun bawang, kecap manis, minyak wijen, dan kaldu, untuk kaldunya bisa menggunakan kaldu ayam maupun jamur agar lebih sehat. Untuk kuah kaldu, kamu bisa siapkan ceker atau tulang ayam, air untuk merebus, kaldu ayam ataupun jamur dan daun bawang. Untuk bumbu halus, kamu bisa siapkan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica putih.

Cara membuatnya, untuk bagian kuah kaldu kamu bisa rebus ceker atau tulang ayam hingga mendidih, kemudian kamu kecilkan api, masukkan separuh bagian bumbu halus, daun bawang, dan kaldu ayam ataupun jamur. Masak hingga kaldu matang dan bagian ceker ataupun tulang ayam mulai empuk, sisihkan. Untuk nasi tim pertama kamu panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, angkat dan sisihkan.

Kemudian kamu masak daging ayam yang sudah dicincang bersama dengan wortel, jamur, daun bawang, tuang sisa bumbu halus, kecap manis, minyak wijen, dan kaldu. Kemudian aduk rata nasi yang sudah dimasak bersama dengan kuah kaldu. Di tempat terpisah, panaskan dandang kemudian siapkan mangkuk tahan panas. Isi mangkok tahan panas dengan campuran daging ayam cincang dan ditumpuk dengan nasi yang dicampur dengan kaldu. Mangkoknya bisa kamu tutup dengan alumunium foil dan kukus hingga matang. Nasi tim ayam untuk anak pun siap dihidangkan.

5. Puree alpukat dan pisang

Tahukah kamu jika alpukat mengandung vitamin K yang berperan untuk meningkatkan kerja kognitif anak? Buah alpukat termasuk ke dalam buah yang baik untuk mpasi dan sangat diperlukan akan manfaatnya untuk kemampuan konsentrasi pada anak. Alpukat juga bisa dikombinasikan dengan pisang. Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan bagian serotonin, dopamine, dan norepinefrin untuk daya ingat anak. Salah satu menu MPASI yang bisa kamu buat adalah puree pisang alpukat. 

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama kamu bisa siapkan buah pisang yang sudah matang, buah alpukat, setengah gelas santan, dan setengah cangkir ASI atau susu formula yang dapat kamu sesuaikan. Pertama kamu haluskan pisang terlebih dahulu, kemudian kerok buah alpukat dan ambil bagian dagingnya, campurkan daging alpukat dengan pisang yang sudah dihaluskan, tambahkan setengah cangkir ASI atau susu formula, puree alpukat dan pisang sukses untuk dihidangkan. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading