Sukses

Parenting

Cara Membersihkan Telinga Tersumbat Kotoran Secara Alami pada Bayi dan Anak

Fimela.com, Jakarta Telinga merupakan bagian penting dalam tubuh. Termasuk dari 5 panca indra, telinga tak lepas dari masalah-masalah yang sering dialami. Tentunya tidak sembarang cara dapat membersihan telinga, cara membersihkan telinga harus melalui step-step khusus. Karena, salah-salah bukan telinga yang menjadi bersih malah kotoran semakin terdorong masuk ke dalam telinga.

Kesalahan dalam cara membersihkan telinga seringkali menjadi penyakit yang malah muncul pada indra pendengaran ini. Seperti menumpuknya kotoran dalam telinga, telinga sakit, bahkan dalam beberapa kasus terjadi pendarahan pada bagian rongga dalam telinga akibat kesalahan dalam membersihkannya. Yuk simak beberapa cara membersihkan telinga agar telingamu tetap bersih dan sehat!

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Kotoran yang menumpuk dalam rongga telinga tentunya sangat mengganggu. Selain mengganggu pendengaran, kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman.

Hindari menggunakan ear candle atau lilin telinga

Penggunaan ear candel atau lilin telinga ini tidak terbukti dapat memebersihkan telinga, justru menyebabkan cedera dalam pengguaannya. Penggunaan ear candle ini beresiko menyumbat saluran telinga dan juga terbakar.

Menggunakan tetes telinga

Tetes telinga merupakan barang yang mudah dijumpai di Apotek. Penggunaannyapun mudah, tinggal meneteskan beberapa tetes ke rongga telinga. 2-3 hari setelah penggunaan kamu bisa meneteskan air hangat ke telinga dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

Menggunakan minyak bayi

Minyak bayi atau baby oil juga terbukti ampuh sebagai cara membersihkan telinga. Cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan tetes telinga

Jangan menggunakan cotton bud

Penggunaan cotton bud cenderung mendorong kotoran telinga ke dalam, bukan malah membersihkan telinga. Dikhawatirkan, penggunaan cotton bud malah membuat telinga semakin tersumbat dengan kotoran.

Cara Memebersihkan Telinga Bayi dan Anak

Membersihkan telinga bayi dan anak menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua, karena takut menyenggol bahkan menekan terlalu dalam sehingga menimbulkan luka pada telinga. Tak jarang banyak bayi dan anak - anak yang berontak saat membersihkan telinga.

Gunakan waslap dan air hangat

Waslap dan air hangat bisa digunakan sebagai cara membersihkan telinga. Caranya, rendam waslap dengan air hangat kemudian peras sampai air tidak tersisa pada waslap itu. Kemudain usapkan waslap ke telinga dengan perlahan sambil membersihkan kotoran yang ada.

Tetes telinga khusus bayi dan anak

Penggunaan obat tetes telinga untuk bayi sangat aman selama menggunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pada anak, pemakaian obat tetes diusahakan dalm kondisi berbaring dan miring. Teteskan obat lalu tarik sedikit daun telinga ke atas dan pastikan obat telah masuk keseluruh rongga telinga.

Hindari mengorek dengan tangan

Mengorek bagian telinga dengan tangan menyebabkan luka yang bisa terjadi di telinga. Selain luka, mengorek telinga anak dengan tangan bisa menyebabkan telinga terinfeksi.

Cara Membersihkan Telinga Tersumbat Kotoran

Telinga yang tersumbat kotoran menyebabkan tidak nyaman saat beraktivitas dan juga mengganggu pendengaran. Cara membersihkan telinga kali ini bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan telinga tersumbat karena kotoran.

Kompres telinga dengan air hangat

Air hangat dapat membantu telinga untuk meredakan sakit yang dirasakan akibat tersumbatnya kotoran pada telinga. Selain mengatasi nyeri, air hangat juga bisa melunakkan kotoran yang menyumbat telinga.

Teteskan minyak zaitun atau gliserin pada telinga

Cukup hangatkan minyak, kemudian teteskan pada telinga dan tunggu 10 - 15 menit. Lakukan cara ini selama beberapa hari sampai telinga terasa lega.

Miringkan telinga

Ketika telinga terasa tersumbat, cobalah miringkan telinga. Hal ini dilakukan agar telinga terasa lebih lega. Memiringkan telinga juga bisa dilakukan setelah mengompres telinga dengan air hangat atau setelah meneteskan minyak ke telinga.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami

Menggunakan bahan alami saat membersihkan telinga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memebersihkan telinga .

Minyak almond

Cara membersihkan telinga menggunakan minyak almond ini sangat mudah, cukup teteskan beberapa tetes minyak almond ke dalam rongga telinga. Diamkan selama 10 menit kemudian miringkan telinga agar seluruh kotorannya keluar.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki asam lemak yang efektif untuk melawan mikroba. Sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya infeksi dan melunakkan kotoran telinga yang keras.

Baking soda

Baking soda merupakan salah satu cara membersihkan telinga dengan alami. Caranya yaitu siapkan 1/4 sendok teh baking soda dan campurkan dengan 2 sendok teh air. Kemudian aduk dan teteskan ketelinga menggunakan pipet. Tunggu beberapa saat dan miringkan telinga hingga kotoran keluar.

Air garam

penggunaan air garam juga bisa sebagai antiseptik dan melunakkan kotoran telinga. Caranya yaitu campurkan garam dengan air kemudian teteskan di telinga. Tunggu beberapa saat kemudian miringkan telinga dan bersihkan.

Minyak bawang putih

Cara ini cukup rumit, tapi khasiatnya dapat melunakkan kotoran telinga yang mengeras. Siapkan 3 siung bawang putih kemudian panaskan dengan sedikit minyak hingga sedikit menghitam. Lalu peras bawang putih sampai keluar minyak dan teteskan ke telinga.

Baca juga info terkait di sini.

Minyak apel

Cara penggunaannya sama dengan menggunakan minyak yang lainnya. Kandungan yang ada dalam minyak apel ini bisa menjadi anti bakteri dan anti jamur pada telinga.

Ternyata banyak banget cara membersihkan telinga, dari menggunakan berbagai macam minyak, waslap air hangat sampai menggunakan baking soda. Dari sederetan cara membersihkan telinga ini, mana sih yang pengen kamu coba?

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading