Sukses

Parenting

Cara Mengobati Batuk Kering, Tenggorokan Gatal yang Tak Kunjung Sembuh pada Anak, dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Kondisi ini dipengaruhi oleh udara kering, iritasi, merokok, alergi, kenaikan asam lambung, bahkan flu.

Batuk kering bisa berlangsung dalam waktu yang lama, sehingga bisa mengganggu aktivitas. Berikut kami rekomendasikan cara mengobati batuk kering dan tenggorokan gatal yang tak kunjung sembuh pada anak.

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Cepat

Batuk kering umumnya akan hilang dalam 3 minggu, namun dalam beberapa kasus tertentu bisa berlangsung berlarut-larut. Berikut kami bagikan tips cara mengobati batuk kering dengan cepat.

Penuhi kebutuhan cairan

Cara mengobati batuk kering dengan cepat yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kebutuhan cairan yang tercukupi akan membantu mengurangi penumpukan lendir.

Atur posisi tidur

Salah satu cara mengobati batuk kering dengan cepat yakni dengan mengatur posisi tidur. Usahakan untuk meninggikan posisi kepala sekitar 15-20cm menggunakan ganjalan bantal tambahan.

Cara mengobati Tenggorokan Gatal dan Batuk Kering

Tenggorokan gatal dan batuk kering seringkali terjadi akibat alergi, perubahan cucara, serta infeksi flu. Berikut kami rekomendasikan cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering.

Lobak

Mengonsumsi lobak bisa digunakan sebagai cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering. Campurkan satu sendok makan lobak pedas, satu sendok teh cengkeh, dan satu sendok teh madu dalam segelas air panas.

Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa digunakan sebagai cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering, lho. Cukup campurkan satu sendok makan cuka sari apel, madu dan segelas air panas, lalu aduk perlahan dan minum.

Air garam

Air garam bisa dijadikan sebagai cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 250ml air hangat, kemudian gunakanlah untuk berkumur.

Susu dan Kunyit

Cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering yakni dengan mengonsumsi susu dan kunyit. Cukup dengan merebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit, konsumsi setiap malam sebelum tidur.

Jeruk nipis

Cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering bisa dicoba dengan menggunakan jeruk nipis. Campurkan perasan jeruk nipis dengan madu untuk meredakan batuk dan melembapkan tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak

Batuk kering pada anak-anak memburuk ketika malam hari, atau sewaktu sehabis beraktivitas. Lendir di paru-paru menyebabkan sensasi menggelitik sehingga anak dengan kondisi asma menjadi batuk. Berikut cara mengobati batuk kering pada anak.

Gunakan humidifier

Memanfaatkan humidifier yang ditambah dengan minyak esensial bisa menjadi cara mengobati batuk kering ada anak. Aroma seperti ekaliptus atau peppermint bisa membantu tidur anak menjadi lebih rileks.

Mandi uap / mandi air hangat

Mandi uap/air hangat bisa dicoba menjadi cara mengobati batuk kering pada anak. Uap air hangat yang terhirup akan membantu melegakan tenggorokan.

Konsumsi buah-buahan

Salah satu cara mengobati batuk kering pada anak yakni dengan memberikan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin C akan membantu proses penyembuhan dan mendukung kekebalan tubuh.

Madu dan Lemon

Cara mengobati batuk kering pada anak yang bisa dicoba yakni dengan memberikan satu sendok makan madu yang ditambah beberapa tetes lemon sebelum tidur.

Cara Mengobati Batuk Kering secara Alami

Batuk kering disebabkan oleh udara kering, iritasi, merokok, alergi, naiknya asam lambung serta flu. Untuk itu, kamu bagikan tips cara mengobati batuk kering secara alami.

Daun mint

Daun mint dipercaya bisa menjadi alternatif cara mengobati batuk kering secara alami. Cara yang perlu dilakukan yakni campurkan 4 tetes minyak atsiri daun mint dalam secangkir air panas, lalu hirup uap hangatnya.

Jahe

Salah satu cara mengobati batuk kering secara alami yakni menggunakan jahe. Cukup dengan merebus parutan jahe, didihkan, lalu saring dan sajikan dengan tambahan gula aren atau perasan lemon.

Nanas

Nanas bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, sebagai cara mengobati batuk kering secara alami. Konsumsi setidaknya 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk kering.

Sup kaldu hangat

Cara mengobati batuk kering secara alami bisa dicoba dengan mengonsumsi sup kaldu hangat. Makanlah sup ayam hangat dengan campuran bawang putih, perasan lemon, dan sedikit kunyit untuk mempercepat penyembuhan batuk kering.

Cara Mengobati Batuk Kering yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk kering yang tak kunjung sembuh membuat tubuhmu menjadi lemah, dada terasa nyeri dan tenggorokan menjadi sakit. Berikut kami rekomendasikan cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh.

Bawang putih

Salah satu cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh yakni menggunakan bawang putih. Konsumsilah bawang putih secara teratur untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

Teh lada hitam

Teh lada hitam menjadi salah satu cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh. Caranya yakni siapkan 2 sendok teh lada hitam tumbuk dan 2 sendok makan madu dalam cangkir.

Tambahkan air panas dan tutup gelas kira-kira 15 menit. Saring, kemudian minum ramuan tersebut.

Ramuan biji rami, madu dan lemon

Cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh bisa dengan menggunakan ramuan biji rami, madu dan lemon. Yang bisa dilakukan yakni merebus 2-3 sendok makan biji rami dalam secangkir air smapai menjadi kental.

Saring, lalu tambahkan 3 sendok makan madu dan jus lemon. Konsumsilah 1 sendok makan sebagai pengobatan batuk.

Makan makanan probiotik

Makanan probiotik seperti susu kefir, kimchi, cuka sari apel, bahkan teh kombucha bisa dikonsumsi sebagai cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh. Makanan yang mengandung probiotik akan mendukung kekebalan imun tubuh menjadi kuat.

 

Nah, ada banyak cara mengobati batuk kering dan tenggorokan gatal pada anak yang bisa kamu coba. Semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading