Sukses

Parenting

Tips Mudah Mendisiplinkan Anak yang Suka Membantah dan Keras Kepala

Mendidik akan tetap harus dengan kepala yang dingin. Apalagi jika anak termasuk yang sukar dihadapi. Meski demikian ini bukan berarti para orangtua tidak bisa menerapkan kedisiplinan terhadapnya.

Ada beberapa tips yang bisa orangtua terapkan untuk mendisiplinkan anak yang terbilang selama ini sudah diatur. Tapi ingat ini harus dilakukan secara konsisten. Hal ini karena anak yang keras kepala dan suka membantah adalah sosok yang sulit unuk diatur dan ditaklukkan sehingga orangtua membutuhkan waktu. 

Berangkat dari keresehan tersebut, Fimela.com kali ini akan mengulas tips mudah mendisiplinkan anak yang suka membantah dan keras kepala. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Tetap Berpegang pada Kata yang Diucapkan

Jika berada pada posisi diabaikan oleh anak pada saat memberi tahu untuk melakukan sesuatu, katakan sesuatu yang membuat anak tidak mengabaikan dan menganggap hal itu serius.

Contohnya jika orangtua mengancam untuk tidak memperbolehkan anak menonton televisi, maka tindak lanjuti ancaman jika anak melakukan hal yang salah.

Sehingga anak lebih patuh dengan orangtuanya, cara ini bisa bekerja dengan baik daripada harus berpura-pura mengancam yang membuat anak akan melakukan kesalahan lagi dan lagi.

Bersikap Konsisten pada Anak

Orangtua  perlu memberi respon yang sama kepada anak-anak pada situasi apapun, beri konsekuensi yang sama dan tidak berubah untuk membuat anak tidak melakukan kesalahan lagi.

Anak keras kepala, kemungkinan akan suka mengulang dan tidak mendengarkan, maka kamu perlu mempertahankan konsekuensi yang telah dibuat dan disepakati.

Memberikan Konsekuensi Alami

Konsekuensi alami adalah cara yang bermanfaat untuk mengajar anak untuk merasa bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan berhenti menganggap orangtua sebagai orang jahat.

Misalnya, jika mereka memecahkan mainan, maka mereka tidak bisa memainkannya lagi. Atau jika mereka mengabaikan saran untuk membawa jaket ke sekolah, mungkin mereka harus tetap di dalam selama jam istirahat.

Anak-anak yang keras kepala belajar melalui pengalaman, jadi kecuali jika konsekuensi alami dari tindakan mereka adalah sesuatu yang berbahaya, membiarkan mereka melakukan kesalahan sendiri dapat menjadi teknik disiplin yang efektif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading