Sukses

Parenting

Cara Merawat Gigi untuk Balita agar Tumbuh Sehat dan Kuat

Salah satu perawatan kebersihan yang perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini adalah menyikat gigi. Walau begitu, pada saat gigi anak belum tumbuh, orangtua juga tetap perlu menjaga kesehatan mulut balita.

Gigi balita umumnya muncul di usia lima atau tujuh bulan. Jika tidak dijaga dengan baik, gigi balita akan mudah rusak. Penggunaan dot juga mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi.

Kemudian, orangtua juga perlu tahu bahwa kebersihan gusi balita akan memengaruhi kesehatan gigi pertamanya. Kenapa? Bakteri dalam mulut bisa merusak gusi sebelum gigi muncul. Alhasil, pertumbuhan gigi bayi jadi tidak maksimal. Masalahnya, merawat kebersihan gusi bayi tidak mudah lho. 

Nah, untuk itu Fimela.com kali ini akan mengulas cara merawat gigi pada balita agar tumbuh sehat dan kuat.Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Tidak Membiarkan Bayi Tidur dengan Dot

Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi bayi. Biasakan mengambil dot dari mulut bayi setelah ia terlelap. Cara ini bisa menghindarkan bayi dari bahaya gigi berlubang.

Menyikat Gigi setelah Menyusui

Orangtua dapat menggunakan sikat gigi yang lembut dan air untuk membersihkan gigi bayi. Setelah usia 2 tahun, balita bisa menggunakan pasta gigi khusus anak, yang mengandung nol sakarin, pewarna, pengawet, dan warna buatan.

Membiasakan Balita untuk Menggunakan Gelas

Biasakan pada anak untuk menggunakan cangkir atau gelas. Bila tidak dibiasakan, anak akan sulit beralih dari dot ke gelas.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan pada Gigi Balita

Pada usia 12-18 bulan, orangtua bisa memulai pemeriksaan gigi anak secara teratur. Dengan demikian, gigi anak bisa terjaga kesehatannya.

Jagalah kesehatan gigi bayi supaya terhindar dari kerusakan dini, seperti gigi berlubang. Gigi sehat akan menampilkan senyuman yang cemerlang dari anak.

Membersihkan Gusi dengan Air

Ambil selembar kain basah dan gosokan dengan lembut pada gusi bayi. Mulailah kebiasaan ini bahkan sebelum bayi tumbuh gigi. Cara ini membuat gusi bayi bebas dari kuman.

Menjaga Jenis Asupan Makanan

Untuk menjaga kesehatan gusi bayi, orangtua bisa membatasi makanan yang tidak baik untuk mulutnya. Hati-hati dengan permen, jus, dan susu! Selain itu, hindari juga makanan-makanan yang bertekstur keras atau kasar agar tidak melukai rongga mulut bayi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading