Sukses

Parenting

5 Tips untuk Memperkuat Bonding dengan Anak, Membangun Ikatan yang Lebih Erat dan Dekat

Fimela.com, Jakarta Membangun hubungan yang sehat antara orang tua dan anak sudah menjadi dambaan yang sepatutnya diwujudkan. Terlebih lagi, ikatan tersebut adalah hal yang sangat penting untuk pertumbuhan anak. Orang tua merupakan sosok yang menjadi panutan bagi anak sehingga bisa memengaruhi karakter dan kebiasaan mereka sampai dewasa. 

Anak akan menuruti segala arahan apabila mereka telah memiliki kepercayaan dan ikatan yang kuat. Pada masa pertumbuhannya, penting untuk Mom agar bisa memahami apa yang mereka rasakan dengan cara selalu mengambil sudut pandang dari mereka. Berdasarkan alasan itulah, Mom bisa memperkuat bonding dengan anak.

Bonding adalah keterikatan yang berkembang secara emosional antara orang tua dan anak. Melalui bonding, orang tua bisa merawat dan mengajari si kecil dengan penuh cinta dan kasih sayang. Melansir dari beberapa situs, simak tips bonding dengan anak berikut: 

1. Prioritaskan Anak dengan Berbicara dan Mendengarkan Mereka

Langkah yang paling mendasar bagi orang tua supaya lebih terhubung dengan anak yaitu melalui komunikasi. Jadikan anak sebagai prioritas utama dan bicaralah dengan mereka secara baik-baik. Berkomunikasi secara konsisten akan membangun ikatan yang lebih mendalam dari waktu ke waktu. Bila anak membutuhkan sesuatu, dengarkanlah segala kebutuhan dan kekhawatirannya.

Sangatlah penting bagi orang tua untuk peduli kepada mereka dan juga berbagi cerita mengenai apa yang orang tua rasakan. Ceritakan mengenai hal-hal sederhana yang bisa diajarkan dan ajukan pertanyaan pada anak. Mendengarkan secara saksama dengan melibatkan kontak mata akan membuat anak merasa diperhatikan dan terbuka mengenai segala hal. Selain itu, tanggapan yang baik dan tidak menghakimi juga akan membuat anak berani untuk menceritakan sesuatu atau keresahan yang dialami selama ini. 

2. Luangkan Waktu Setiap Hari untuk Lakukan Kegiatan Bersama

Jika Mom mempunyai kesibukan dalam bekerja, tetap luangkan sedikit waktu untuk sekadar bercerita dengan anak. Seberapa sering quality time tersebut dilakukan bersama anak bisa memengaruhi sifat dan karakter anak. Pastikan bahwa setiap hari, Mom bisa menyisihkan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan simpel, seperti makan bersama atau berjalan-jalan bersama. Kontak fisik seperti memeluk anak pun bisa membuat kondisi emosional anak agar lebih tenang dan memperkuat bonding. Cobalah tetap melakukan aktivitas yang bisa membuat anak senang dan jangan sampai membuat anak merasa terabaikan. 

3. Matikan Teknologi saat Bersama Anak

Untuk memperkuat bonding dengan anak, jauhi perangkat digital supaya menghabiskan waktu bersama akan terasa semakin berkualitas. Hindari mengecek ponsel dan sosial media secara berlebihan. Tak ada salahnya untuk mengabadikan momen dengan dokumentasi, tetapi akan lebih baik untuk mengurangi penggunaannya saat bersama. Begitu juga dengan penggunaan ponsel bagi anak yang harus dibatasi supaya interaksi berjalan dengan lancar.

4. Membangun Ikatan seperti Sedang Menjadi Teman untuk Anak

Mengembangkan ikatan layaknya menjadi seorang teman akan membuat anak percaya bahwa Mom adalah sahabatnya. Membangun pemikiran tersebut akan membantu Mom untuk bisa lebih dekat dengan anak. Menjadi sosok pendengar dan orang yang selalu mendukung sangatlah penting.

Memasuki dunia anak dengan melibatkan diri pada aktivitas yang mereka sukai dan begitu juga sebaliknya. Mom bisa mengatur waktu untuk melakukan apa yang sedang diinginkan. Selain itu, memvalidasi emosi dan memberikan empati pada anak akan memberikan rasa yang aman untuk mereka. Menjadi sosok layaknya teman yang selalu dibutuhkan akan memperkuat ikatan dengan anak. 

5. Sesekali Biarkan Anak untuk Memiliki Ruang Sendiri

Meski membangun ikatan harus dilakukan dengan bersama-sama, tetapi tetap selalu berikan ruang bagi anak untuk menikmati waktu sendiri. Setiap manusia tentunya sesekali akan membutuhkan ruang bagi diri mereka untuk sendiri. Maka, berikan rasa nyaman pada anak dengan menghargai mereka untuk  menikmati aktivitas secara pribadi. Bagaimana pun, tetap berikan waktu yang memang sedang dibutuhkan oleh anak. 

Demikian tips untuk menjalin hubungan yang lebih erat bersama anak. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi bagi Mom agar bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk membangun hubungan yang penuh kebahagiaan.

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading