Sukses

Parenting

5 Manfaat Deep Talk dengan Anak, Bisa Mempererat Hubungan secara Mendalam!

Fimela.com, Jakarta Deep talk tidak hanya dapat dilakukan bersama pasangan atau teman, tetapi juga dengan anak, lho. Namun, pertanyaan yang diajukan juga perlu untuk dipertimbangkan sesuai dengan usia anak dan membicarakan mengenai percakapan yang benar-benar penting. Diketahui dari Psychology Today, berbicara dengan anak ini bisa dilakukan dengan pertanyaan yang spesifik dan bisa memicu ingatan mereka.

Deep talk merupakan istilah yang menggambarkan pembicaraan mendalam mengenai sesuatu yang bermakna. Untuk merealisasikannya, maka Mom juga perlu memperhatikan kembali situasi yang mendukung. Cari suasana yang bisa mempererat ikatan antara Mom dan si kecil, misalnya seperti saat makan bersama, selama perjalanan, atau sebelum tidur. Selain itu, mulailah percakapan dengan memperhatikan beberapa hal, seperti dengan berbagi cerita dan menunjukkan ketertarikan masing-masing.

Selama obrolan tersebut berlangsung, perhatikan dengan baik cerita dan respon anak, tanpa harus menghakimi mereka. Lantas, manfaat apa saja yang bisa diperoleh saat Mom melakukan deep talk dengan anak? Berikut untuk ulasannya:

Manfaat Deep Talk dengan Anak

1. Memperkuat Ikatan

Percakapan yang mendalam ini dapat membantu untuk memperkuat ikatan agar bisa memahami satu sama lain secara lebih baik. Selain itu, banyak pengetahuan baru yang akan diperoleh terutama mengenai pandangan anak terhadap berbagai hal. Hal ini juga bisa membuat anak merasa diperhatikan dengan sepenuh hati dan belajar untuk berempati. Ketika orang tua dapat menjadi pendengar, maka mereka pun bisa memahami bagaimana rasanya untuk didengarkan dan diperhatikan oleh orang lain. 

2. Membantu dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Bahasa yang Baik

Pada masa perkembangannya, percakapan bersama anak akan mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik. Lebih dari itu, kosakata anak pun akan terus meningkat. Penggunaan bahasa yang halus dan baik juga bisa diajarkan pada anak, terutama ketika berhadapan dengan lawan bicaranya. Hal ini akan menimbulkan efek yang positif terutama ketika mereka beranjak dewasa. 

3. Meningkatkan Kepedulian pada Anak

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada anak bisa dijadikan sebagai cara untuk menunjukkan kepedulian. Apalagi mengenai apa yang mereka pikirkan atau rasakan. Terlebih ketika pertanyaan tersebut secara strategis memang ditujukan untuk kebutuhan dan perasaan nyata yang dirasakan oleh mereka. Secara langsung, mereka pun akan merasa tertarik untuk terlibat dalam percakapan. Apalagi, jika Mom juga memberikan respons dengan penuh perhatian.

 

4. Memperkuat Perkembangan Sosial dan Emosional Anak

Deep talk dengan anak akan meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak karena anak dapat belajar kemampuan baru. Misalnya saja dengan memecahkan masalah bersama, mengembangkan kepekaan pada orang lain, dan meningkatkan kesadaran sosial. Berbicara dengan anak akan memperkuat keterampilan-keterampilan tersebut sehingga bisa tumbuh menjadi pribadi yang positif di masa depan. 

5. Meningkatkan Imajinasi pada Anak

Deep talk bersama anak juga bisa memancing imajinasi anak agar semakin berkembang. Keterampilan imajinasi tersebut bisa tumbuh sampai mereka dewasa. Maka, penting untuk diperhatikan bahwa pertanyaan yang diajukan oleh Mom juga bisa membangun obrolan yang lebih seru dan menyenangkan. Cara mudahnya yaitu dengan menyentuh minat dan ketertarikan mereka pada suatu hal. 

 

Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, Mom bisa mencoba untuk membangun percakapan secara mendalam bersama dengan anak. Interaksi ini juga bisa mempertahankan ikatan yang baik, lho. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading