Sukses

Parenting

5 Manfaat Melakukan Sensory Class: Penting Untuk Perkembangan Anak!

Fimela.com, Jakarta Kemampuan kognitif serta bagaimana cara anak akan bertahan di lingkungan tanpa bantuan dari orangtua adalah dengan memperkenalkannya ke berbagai aktivitas yang dapat mengasah kemampuan berpikir dan menalarnya. Tentu saja aktivitas tersebut harus mengedepankan kemampuan panca indera serta kepekaan anak terhadap lingkungannya. Salah satunya melalui stimulasi dan sensory class.

Apa itu sensory class? Secara garis besar, sensory class merupakan serangkaian aktivitas dan stimulasi yang melibatkan kemampuan kelima panca indera untuk menstimulasikan bagaimana anak dapat menyentuh, mencium, merasakan, mendengar, hingga melihat. Umumnya, sensory class ini dilakukan ketika anak sudah dalam keadaan siap dan mengerti akan sekelilingnya. 

Sensory class ini melibatkan interaksi serta melakukan aktivitas permainan yang dibuat dengan bahan makanan yang ramah untuk anak dan dikemas secara menarik. Selain permainan, anak juga akan diajarkan untuk berinteraksi dengan orang lain seperti pembimbing hingga mengajak orangtua untuk berpartisipasi dalam aktivitas anak. Kamu mungkin sering melihatnya dalam berbagai video orangtua yang memperkenalkan sensory class pada anaknya. Mengapa sensory class sangat penting untuk anak dan seberapa penting? Informasi dari priya and peanut dapat membantumu. 

Pentingnya sensory class untuk perkembangan anak

1. Meningkatkan kinerja otak anak

Stimulasi anak sedini mungkin termasuk memberikan sensory class dapat meningkatkan perkembangan dan kinerja otak anak. Tentu saja sebagai orangtua kamu dapat menikmati proses dan jangan memaksakan aktivitas sensory class ketika anak belum menunjukkan tanda-tanda keinginan untuk beraktivitas lebih dari sekedar interaksi dengan orangtua, sebaiknya kamu juga membantu peningkatan kemampuan anak secara natural. Salah satu contohnya selain dengan sensory class di luar, kamu juga bisa memberikan stimulasi lain dengan memberikannya buku ramah ilustrasi hingga berbagai lagu anak. 

 

2. Meningkatkan awareness serta alertness 

Anak yang sering melakukan stimulasi termasuk sensory class dapat meningkatkan awareness serta alertness mereka. Tentunya hal ini sangat baik untuk untuk mempengaruhi berbagai pencapaian yang akan dicapai anak. Hasil penelitian menunjukkan stimulasi kelima indera anak sedini mungkin dapat memberikan sinyal untuk meningkatkan kemampuan kognitig, sosial, serta emosi anak. Dari kemampuan tersebut dapat membantu anak untuk memenuhi kebutuhan yang dilakukannya. 

3. Mengembangkan kemampuan kognitif

Seperti yang kita ketahui kemampuan kognitif adalah kemampuan otak yang berguna sebagai kemampuan berpikir, memecahkan masalah, hingga menciptakan ide-ide dari berbagai sumber seperti apa yang di dengar hingga diperhatikan. Anak dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya sedini mungkin dengan berbagai aktivitas yang melibatkan kelima panca indera mereka dan sensory class inilah yang memberikan aktivitas tersebut. Melalui sensory class, anak akan mendapatkan sensory memory sebagai proses mengerti dan memahami sesuatu. 

4. Membantu meningkatkan kemampuan berbahasa

Sensory class memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan sesuatu, tentu saja penyampaiannya adalah melalui suara. Dari berbagai ekspresi yang ditawarkan ini akan memberikan dampak positif terutama untuk perkembangan bahasa. Penelitian menunjukkan bahwa sensory class serta stimulasi pada anak yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan motorik serta berbahasa anak terutama berusia 2 hingga 3 tahun dan memberikan efek baik dalam jangka lama dan memiliki keuntungan sendiri untuk anak. 

5. Memberikan kenyamanan dan ketenangan pada anak 

Sensory class terrmasuk aktivitas yang memberikan kenyamanan dan ketenangan pada anak, tentu saja kamu sebagai orangtua juga turut senang bagaimana anak bisa nyaman dan tenang melakukan aktivitas barunya. Terlebih sensory class tidak hanya menawarkan interaksi dengan sesama anak saja tetapi juga menawarkan anak untuk mengenal berbagai tekstur dan benda baru. Kamu juga akan terkejut bagaimana anak dapat mengenal perbedaan rutinitas di pagi dan malam hari dengan melakukan sensory class ini. Dari kenyamanan dan ketenangan yang dirasakan ini, anak akan mudah mengelola waktu tidurnya. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading