Sukses

Parenting

Rekomendasi 5 Aktivitas untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan anak tidak hanya ditentukan dari nilai akademis ataupun hingga IQ saja. Persepsi modern saat ini mengedepankan bagaimana anak dapat mempelajari sesuatu, beradaptasi dnegan perubahan, memahami hal-hal di sekitar, hingga menerapkan berbagai hal yang sudah di pelajari dalam berbagai situasi. Pemahaman-pemahaman tersebut menunjukkan kemampuan berpikir, pengelolaan emosi, interaksi dalam lingkup sosial, hingga mengekspresikan diri ketika berkomunikasi. 

Kegiatan yang positif, disertai dengan lingkungan yang baik dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak sangatlah penting. Maka dari itu, mengoptimalkan kecerdasan anak di rumah sangatlah krusial. Terlebih, usia-usia awal anak di masa balita menjadi bagian terbaik untuk meningkatkan kinerja otak, stimulasi di rumah juga membantu untuk meningkatkan dan mengelola emosi anak, kebiasaan, serta berbagai nilai-nilai yang berkontribusi untuk intelektual dan kemampuan personal. 

Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat diterapkan oleh orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak khususnya dalam masa balita. Namun pastikan kamu tidak memaksa anak untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kamu bisa mengajak dan memperkenalkan suatu kegiatan menarik dan positif kemudian perhatikan apa yang menjadi ketertarikan anak. Dari situlah, kamu bisa menyimpulkan hal-hal yang menjadi kegemaran anak. Berikut 5 rekomendasi kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak balita dari Circle DNA untukmu. 

Rekomendasi 5 kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak balita

1. Membuat buku cerita DIY 

Jika anak tertarik dengan berbagai cerita, kamu bisa mendukung anak dengan menjadikannya sebagai author. Kamu dapat membantu anak dengan kegiatan seperti menulis cerita, menggambar, hingga menyatukannya dalam sebuah buku. Kegiatan menarik ini dapat meningkatkan kecerdasan anak khususnya bahasa dan visual. Tentunya bonding anak denganmu juga akan semakin meningkat. 

2. Bermain jual beli 

Tidak jarang jika kita melihat anak-anak tertarik dengan perhitungan hingga angka. Kamu bisa melakukannya dengan simulasi bermain sebagai penjual dan pembeli. Misalnya dalam simulasi ini kamu meminta anak untuk membeli sesuatu dengan uang tertera, dengan bermain jual beli ini, anak akan belajar tentang uang serta cara untuk menghargai barang yang tentunya meningkatkan kecerdasan mereka. 

3. Bermain dan berkreasi dengan playdough homemade 

Tentunya kita pasti mengenal dengan lilin mainan berbagai warna ini. Namun kamu bisa membuatnya dengan mengkombinasikan tepung, garam, krim, air, minyak sayur, serta pewarna makanan untuk membuat playdough. Aktivitas dengan berbagai tekstur ini akan menarik anak dengan nuansa visual yang beragam. Selain itu, anak juga akan berkenalan dengan berbagai bentuk dan jumlah yang tentunya akan meningkatkan kecerdasan mereka.

4. Berkegiatan dengan aktivitas di dalam rumah

Gunakan berbagai peralatan rumah untuk menciptakan kegiatan yang bermanfaat terutama untuk meningkatkan kekuatan fisik anak. Salah satunya kamu bisa berkreasi dengan kegiatan seperti melompati berbagai bantal, merangkak di bawah meja dan sebagainya. Kegiatan ini juga menjadi favorit di kalangan anak. 

5. Ajak anak untuk berdansa 

Ajak anak untuk belajar mengikuti irama serta gerakan dengan berdansa. Kamu bisa menyalakan musik anak yang asyik dan mendukung anak untuk berdansa hingga menari. Bantu anak untuk memahami irama musik dan mengekspresikan diri mereka, salah satunya kamu bisa putar lagu "Baby Shark" yang menjadi favorit di kalangan anak-anak. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading