Sukses

Parenting

10 Tanda Balita dengan Potensi IQ Tinggi yang Penting Dipahami

Fimela.com, Jakarta Penting untuk diingat bahwa menilai kecerdasan balita pada usia dini bisa sangat sulit dan tidak selalu akurat. Tak seperti anak-anak usia sekolah, mendeteksi kecerdasan pada balita perlu perhatian yang lebih khusus. Ini juga memerlukan pengamatan yang baik dan lebih jeli. Meski sulit, bukan berarti balita yang punya kecerdasan tinggi tak bisa dideteksi potensinya. 

Dilansir dari beberapa sumber, para ahli percaya jika ada beberapa tanda yang bisa memberikan indikasi potensi kecerdasan tinggi pada balita. Adapun tanda tersebut antaranya sebagai berikut. 

Pencapaian Milestone yang Lebih Cepat

Balita dengan IQ tinggi mungkin mencapai tonggak perkembangan seperti berbicara, berjalan, atau menggunakan toilet lebih cepat daripada rata-rata. Mereka punya milestone yang lebih cepat dibanding balita seusianya. 

Daya Ingatnya Kuat

Kemampuan balita untuk mengingat informasi, bisa menjadi indikasi ia punya potensi IQ tinggi. Balita dengan kecerdasan di atas rata-rata, cenderung punya kemampuan mengingat yang mengesankan. 

Kemampuan Berbahasa Unggul

Balita dengan IQ tinggi, seringkali memiliki kemampuan berbahasa yang maju dan unggul. Mereka identik memiliki beragam kosakata yang lebih luas. Mereka juga memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik.

Memiliki Rasa Peduli Tinggi

Kemampuan balita untuk memperhatikan dan menangkap detail kecil dalam lingkungan sekitarnya, bisa  menunjukkan tingkat perhatian yang tinggi dan potensi kecerdasan tinggi. Balita yang memiliki kepedulian tinggi menunjukkan ia sangat cerdas dan mengesankan.

Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Baik

Balita dengan IQ tinggi, mungkin menunjukkan ketertarikan dalam menyelesaikan masalah dengan baik. Mereka sering mencari cara kreatif untuk mengatasi hambatan atau masalah yang dialaminya. 

Kemampuan Meniru dan Menyusun Kembali Informasi Secara Apik

Balita yang cerdas, akan menunjukkan kemampuan untuk meniru perilaku atau mengatur kembali informasi secara apik. Mereka cenderung menunjukkan pemahaman mendalam terhadap informasi yang ia peroleh.

Rasa Ingin Tahunya Tinggi

Minat balita dalam bertanya dan rasa ingin tahu yang tinggi darinya, menunjukkan tingkat IQ yang tinggi. Rasa ingin tahu mereka terhadap dunia sekitar, bisa menjadi tanda kecerdasannya yang di atas rata-rata. 

Punya Kepekaan Sosial yang Tinggi

Beberapa balita dengan potensi IQ tinggi, bisa ditunjukkan dengan kepekaan sosial yang tinggi. Mereka bisa memahami perasaan orang lain dan menunjukkan tingkat empati yang lebih besar.

Kreatif

Balita yang kreatif saat bermain atau melakukan aktivitasnya sehari-hari, juga menunjukkan kecerdasan tingginya. Kemampuan balita untuk bermain dengan cara yang kreatif dan menciptakan cerita atau situasi imajinatif, bisa menjadi tanda ia punya kecerdasan di atas rata-rata. 

Fokus

Balita yang memiliki kemampuan fokus pada kegiatan tertentu untuk jangka waktu yang lama, menunjukkan tingkat daya tahan konsentrasi yang tinggi. Ini juga menujukkan kecerdasannya yang mengagumkan. 

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini tidak mutlak menjamin kecerdasan tinggi pada balita. Pada dasarnya, setiap anak berkembang dengan kecepatan pun kecerdasan yang berbeda. Pengamatan orang tua dan dukungan dari ahli perkembangan anak, sangat penting untuk memahami kebutuhan dan potensi dari anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading