Sukses

Parenting

8 Cara yang Bisa Dilakukan Orangtua Agar Anak Hobi Membaca

Fimela.com, Jakarta Membaca merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan demi menunjang perkembangan anak. Membaca bisa membantu meningkatkan keterampilan bahasa, imajinasi, dan pemahaman seseorang. Sayangnya, tidak semua orang menyukai aktivitas membaca. Terlebih lagi untuk anak-anak di sekitar kita. 

Penelitian menemukan jika tidak semua anak secara alami menyukai membaca. Meski membaca sangat penting, masih banyak anak yang justru menganggap jika membaca menjadi aktivitas membosankan, tidak gaul dan kurang menguntungkan. Untuk menghilangkan anggapan ini, peran orangtua dalam membentuk anak yang suka atau gemar membaca sangatlah besar. 

Orangtua perlu melakukan beberapa cara efektif, agar anak-anak terbisa menyukai aktivitas membaca sejak usianya sedini mungkin. Adapun cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak hobi atau suka membaca antara lain sebagai berikut.

Contohkan Kebiasaan Membaca yang Positif

Anak-anak sering meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Jika Mom menunjukkan minat yang kuat dalam membaca dan membuatnya terlihat menyenangkan, anak kemungkinan besar akan tertarik untuk mengikuti hobi atau minat ini. Usahakan untuk mengambil waktu untuk membaca buku di depan anak, dan berbicaralah tentang pengalaman membaca yang menarik agar anak pun ikut tertarik. 

Buat Perpustakaan Mini di Rumah

Buatlah area khusus di rumah yang diisi dengan bacaan atau buku menarik dan sesuai dengan usia anak. Membuat perpustakaan mini yang nyaman dan menarik, dengan sofa atau kursi yang nyaman, akan membantu anak menyukai aktivitas membaca. Biarkan anak merasakan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa ditekuni setiap harinya.

Jadikan Aktivitas Membaca Semenyenangkan Mungkin

Buatlah sesi membaca menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan. Misalnya, Mom bisa membuat rutinitas membaca sebelum tidur dengan membacakan cerita kepada anak. Gunakan suara yang berbeda dan alami, saat membacakan dialog antar karakter yang ada dalam buku. Hal-hal seperti Ini akan membuat pengalaman membaca menjadi lebih hidup, menyenangkan dan menarik.

Beri Beragam Bacaan ke Anak

Pastikan untuk menyediakan beragam jenis buku untuk buah hati di rumah. Termasuk cerita fiksi, buku bergambar, buku non-fiksi, dan buku-buku yang sesuai dengan minat serta hobinya. Biarkan anak memilih buku yang menarik baginya, sehingga ini akan membuat mereka merasa memiliki kendali atas pengalaman membacanya.

Temani Anak Membaca

Ajak buah hati untuk membaca bersama-sama. Mom dan ayah bisa membaca buku yang sama dengan anak, atau memilih buku yang berbeda namun membahas topik yang sama. Diskusikan cerita yang kalian baca bersama-sama. Jangan lupa untuk menanyakan pendapat anak tentang cerita atau karakter dalam buku yang dibacanya. 

Beri Hadiah Saat Anak Menyelesaikan Bacaannya

Berikan penguatan positif kepada anak, setiap kali mereka menyelesaikan buku atau mencapai target membacanya. Mom bisa memberi anak pujian, memberikan sticker atau tanda lainnya sebagai penghargaan. Mom bahkan bisa mengatur sistem poin atau hadiah khusus untuk anak setiap kali ia menyelesaikan bacaannya.

Ajak Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Bawa anak ke perpustakaan lokal atau toko buku untuk memilih buku yang mereka inginkan. Biarkan mereka menjelajahi koleksi buku dan pilih buku yang menarik baginya. Menghabiskan waktu di lingkungan yang dipenuhi dengan buku, akan membantu meningkatkan minat anak dalam membaca.

Dukung Minat Membaca Anak 

Selalu dukung minat membaca anak. Bahkan jika itu berarti mereka membaca buku atau materi yang tidak sesuai dengan minat atau preferensi Mom selama ini. Yang terpenting adalah, bahwa mereka membaca dan menikmatinya, serta bacaan tersebut memiliki dampak positif ke anak. Beri buah hati dorongan positif untuk terus menjelajahi dunia melalui buku-buku yang ia baca selama ini. 

Membantu anak menemukan kesenangan dalam membaca memang membutuhkan kesabaran, dukungan, dan konsistensi dari orangtua. Namun, jangan pernah lelah untuk bersabar akan hal ini. Mengajak anak untuk melek literasi sejak sedini mungkin, ini akan memberikan banyak manfaat untuknya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading