Sukses

Parenting

Cara Mengenalkan Kebiasaan Membaca pada Anak Sejak Dini

ringkasan

  • Perhatikan pilihan buku
  • Luangkan waktu untuk membaca buku

Fimela.com, Jakarta Membaca merupakan aktivitas yang memberi banyak manfaat. Selain menambah ilmu pengetahuan, membaca juga menjadi aktivitas yang bisa membuat seseorang lebih teliti, sabar dan berpikir dengan tenang.

Mengingat akan pentingnya membaca, orangtua perlu mengenalkan dan menanamkan aktivitas membaca ke anak sejak usianya sedini mungkin. Semakin dini usia anak mengenal aktivitas membaca dan menyukainya, ini akan membuat anak jadi pribadi yang cerdas dan berpengetahuan luas suatu saat nanti.

Melansir dari alaman Liputan6.com, untuk mengenalkan kebiasaan membaca pada anak sebenarnya mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan kebiasaan membaca ke anak.

Cara Mengenalkan Kebiasaan Membaca Anak

Perhatikan Pilihan Buku

Selalu perhatikan pilihan buku anak. Biasanya, anak menyukai buku-buku yang tak hanya terdapat tulisan di dalamnya tetapi juga terdapat gambar dan warnanya. Buku dengan fitur musik atau berbentuk unik juga disukai anak-anak.

Membaca Bersama

Temani anak saat membaca buku. Jika dia memintamu membacakan buku, usahakan agar memerhatikan intonasi bicaramu. Bacakan buku dengan intonasi berbeda-beda agar anak semakin antusias dalam membaca dan menikmati setiap lembar bukunya.

Luangkan Waktu untuk Anak

Sesibuk dan sepadat apapun aktivitasmu, usahakan untuk selalu meluangkan waktu buat anak. Luangkan waktumu untuk membaca bersama anak. Kebiasaan membaca setiap hari ini perlahan tapi pasti akan menjadi aktivitas yang sangat disukai anak.

Membaca Buku Tidak Harus dari Halaman Pertama

Jangan memaksa anak untuk membaca buku dari halaman pertama. Memaksa anak membaca buku seperti kemauanmu hanya akan membuatnya trauma membaca. Tak apa membiarkan anak membaca buku dari halaman yang paling ia suka. Tapi tetap, ingatkan dan beritahu anak mana halaman pertama buku, halaman selanjutnya dan halaman terakhir.

Itulah beberapa cara untuk mengenalkan kebiasaan membaca pada anak sejak usianya sedini mungkin. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba mengajak anak membaca buku setiap hari ya?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading