Sukses

Parenting

Cara Mengajarkan Aktivitas Membaca Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Membaca merupakan aktivitas yang punya banyak manfaat. Manfaat paling utama dari membaca adalah membuat seseorang memiliki pengetahuan yang lebih banyak atau beragam. Karena pentingnya aktivitas membaca, sebaiknya mengajarkan anak menyukai aktivitas membaca sejak usianya sedini mungkin.

Melansir dari laman babycenter.com, walau penelitian menyebutkan anak sebaiknya dikenalkan dengan membaca pada usia 6 hingga 7 tahun, tak ada salahnya jika Mom mengenalkan aktivitas membaca ke anak sejak usianya sedini mungkin. Bagaimana cara mengajarkan aktivitas membaca ke anak? Simak yang berikut ini.

Ajak Anak Membaca Bersama

Ajak Anak Bicara

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan sering-sering mengajak anak bicara atau ngobrol. Michele Macias, MD, seorang juru bicara di American of Pediatrics mengungkapkan jika mengajak anak berbicara akan memengaruhi struktur otaknya. Ini juga akan membantu anak berpikir lebih kritis dan cerdas.

Ajak Anak Membaca Bersama

Jika ingin anak punya hobi membaca, usahakan agar Mom juga memiliki hobi membaca. Ajak anak membaca bersama. Aktivitas membaca bersama akan membuat anak mencintai aktivitas membaca sejak usianya sedini mungkin. Ajak anak membaca buku bergambar atau buku yang bisa diwarnai agar anak semakin tertarik dengan aktivitas membaca.

Jika Anak Tidak Mau Jangan Dipaksa

Membaca Sambil Bermain

Jangan buat aktivitas membaca sebagai aktivitas yang terlalu serius. Buat aktivitas membaca menjadi aktivitas yang santai. Akan lebih baik jika Mom mengajak anak membaca sambil bermain karena ini akan meningkatkan kesukaannya pada aktivitas membaca.

Jika Anak Tidak Mau Jangan Dipaksa

Jika anak sedang tidak mau membaca, jangan dipaksakan. Semakin Mom memaksakan anak membaca atau melakukan aktivitas lainnya, semakin ia akan membenci aktivitas tersebut. Karena kemampuan setiap anak berbeda-beda, jangan pernah memaksakan anak untuk bisa seperti anak-anak lainnya yang lebih cerdas, lebih tanggap dan lebih kritis dalam berpikir.

Well, itulah bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan aktivitas membaca ke anak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal 4 Jenis Autisme Pada Anak
Artikel Selanjutnya
Cara Seru Orang Tua Perkenalkan Musik untuk Perkembangan Anak