Sukses

Parenting

Kenali Manfaat Stimulasi Pijat Bayi, Upaya Preventif untuk Menjaga Kesehatan Anak

Fimela.com, Jakarta Stimulasi pijat bayi nyatanya adalah konsep pijat dengan upaya promotif dan preventif dalam pelayanan kesehatan pada anak yang baik. Lebih tepatnya adalah memberikan stimulasi, bukan terapi seperti yang ditawarkan banyak orang untuk orang dewasa. Walaupun secara tidak langsung bisa berdampak mengobati rasa nyeri dan melancarkan peredaran darah pada anak.

Stimulasi pijat akan lebih aman untuk dilakukan dengan pendampingan tenaga kesehatan dan mengikuti seminar kesehatan yang baik untuk anak. Perlu diketahui stimulasi pijat dalam bentuk stimulasi taktil-kinestetik dapat mempengaruhi kenaikan berat badan bayi prematur dan menurunkan feeding intolerance.

Sahabat Fimela, berikut ini adalah beberapa manfaat dari pijat untuk bayi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak Bagi Orang Tua dan Anak

Dilansir dari parent.com manfaat pijat bayi setiap hari tidak hanya berdampak pada anak, namun seluruh keluarga. Pijat bayi membuat waktu berkualitas antara orang tua dan bayi. Pijat bayi juga dapat meningkatkan perasaan keterikatan, cinta, dan kepercayaan antara orang tua dan anak. Kontak dekat sejak dini dengan orang tua dapat mendorong berkembangnya empati dan rasa percaya diri pada anak. 

Melancarkan Sistem Pencernaan, Otot, dan Persendian

Pijat bayi merangsang seluruh sistem tubuh termasuk pencernaan, kekebalan tubuh, hormonal, dan peredaran darah, serta otot dan persendian. Bayi mungkin mengalami peningkatan kesadaran tubuh, sehingga koordinasi dan keseimbangannya lebih baik. Bayi juga akan lebih lega dan dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti sembelit ataupun rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi, maupun nyeri saat tumbuh gigi.

Relaksasi

Pijat bayi juga dapat memberikan dampak relaksasi. Akan timbul “perasaan baik” bahkan aman dan nyaman yang ditimbulkan setelah anak dipijat oleh orang tua mereka. Penelitian juga menghubungkan pijat bayi dengan penambahan berat badan yang sehat, penurunan penyakit kuning, dan pereda nyeri. Terlebih lagi, kinerja kognitif, keterampilan pra-bahasa, dan perkembangan motorik juga dapat meningkat dari pijat bayi, berkat interaksi yang diberikan dari orang terdekatnya.

Nah itu dia beberapa manfaat yang dapat dipelajari untuk memijat anak guna menjaga kesehatan dan imun tubuh mereka. Safety tips, ingatlah untuk tetap berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai rutinitas pijat bersama si kecil. Meskipun pijat bayi biasanya aman, beberapa bayi mungkin memiliki kondisi mendasar yang perlu dipertimbangkan. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis : Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading