Sukses

Parenting

6 Sikap Orangtua yang Ternyata Rentan Membuat Anak Menjadi Manja

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, kita semua ingin memberikan kasih sayang dan perhatian terbaik kepada buah hati kita. Namun, memberikan kasih sayang dan memerhatikan anak secara berlebihan, justru bisa membuat anak menjadi manja. Bersikap baik ke anak pada dasarnya sangat dianjurkan untuk setiap orangtua. Tapi, sikap baik ini harus ada batasannya dan tak boleh berlebihan. Karena kebaikan orangtua yang berlebihan ke anak, nyatanya bisa berdampak negatif ke anak. 

Memanjakan anak bisa berdampak negatif pada perkembangannya. Membiarkan anak menjadi manja, bisa menghambat kemampuan mereka untuk mandiri, bersikap percaya diri, mengatasi tantangan, dan berkembang secara emosional. Ada beberapa sikap orangtua yang ternyata rentan membuat anak menjadi manja. Adapun sikap tersebut antaranya sebagai berikut.

Memberikan Apa yang Diminta Tanpa Pertimbangan

Salah satu sikap yang cenderung membuat anak menjadi manja adalah ketidakmampuan orangtua untuk mengatakan "tidak" saat meminta sesuatu. Memenuhi setiap keinginan anak tanpa pertimbangan, mengajarkan anak bahwa mereka selalu akan mendapatkan apa yang mereka inginkan, tanpa perlu berusaha atau bekerja keras.

Melindungi Anak dari Tantangan

Orangtua yang terlalu protektif cenderung melindungi anak-anak mereka dari segala jenis tantangan atau kesulitan. Meskipun alasan di balik sikap ini mungkin adalah rasa ingin melindungi anak dari bahaya, namun berlebihan dalam melindunginya bisa menghambat kemampuan anak untuk belajar mandiri. Ini juga menghambatnya untuk bertumbuh dan berkembangan melalui pengalaman yang ia dapatkan.

Tidak Menetapkan Batasan atau Aturan yang Jelas

Ketika orangtua tidak menetapkan batasan atau aturan yang jelas, anak mungkin merasa bahwa mereka bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan tanpa konsekuensi. Sikap orangtua yang terlalu membebaskan anak, bisa menyebabkan perilaku yang tidak terkendali dan memperkuat sikap manja anak. 

Menghindari Konflik

Orangtua yang menghindari konflik dengan anak-anak mereka, seringkali cenderung mengalah dalam situasi di mana mereka harus menetapkan batasan atau menghadapi perilaku yang tidak pantas. Sikap orangtua yang seperti ini bisa memberikan sinyal kepada anak, bahwa mereka bisa mengendalikan situasi dengan mengamuk atau bersikap keras. Ini akan membuat anak sangat manja dan sering tantrum.

Memberikan Pujian yang Berlebihan

Memberi pujian saat anak melakukan kebaikan memang baik. Ini juga berdampak positif bagi rasa percaya diri anak ke depannya. Namun, memberikan pujian yang berlebihan justru akan membuat anak manja. Anak mungkin menjadi bergantung pada pujian eksternal untuk merasa berharga. Dan hal ini cenderung membuatnya kesulitan mengatasi kegagalan atau kritik dari orang lain. 

Menyelesaikan Tugas atau Pekerjaan Anak

Terkadang orangtua merasa bahwa melakukan tugas atau pekerjaan anak akan lebih efisien daripada membiarkan anak melakukannya sendiri. Namun, ini akan mengajarkan anak bahwa mereka tidak perlu bertanggung jawab atas tugas atau pekerjaan mereka sendiri. Dan ini bisa menyebabkan ketergantungan pada orang lain. Ini rentan membuat anak manja. 

Penting bagi orangtua untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara memberikan kasih sayang dan perhatian ke anak. Mendukung anak dalam mengatasi tantangan, mengajarkan keterampilan hidup mandiri, dan menetapkan batasan yang jelas adalah langkah-langkah penting untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang secara sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading