Sukses

Parenting

6 Dampak Negatif yang Dirasakan Anak Ketika Orangtua Dilanda Depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi adalah gangguan mental yang serius. Ini tidak hanya mempengaruhi individu yang mengalaminya, tetapi juga bisa memiliki dampak yang signifikan pada keluarga mereka, terutama anak-anak mereka. Orangtua yang mengalami depresi, seringkali kesulitan memberikan perhatian dan dukungan yang dibutuhkan anak-anak mereka. Orangtua yang dilanda depresi juga rentan menghambat tumbuh kembang anak secara optimal. 

Di bawah ini ada beberapa beberapa dampak negatif dari orangtua yang mengalami depresi pada tumbuh kembang anak. Dampak ini bahkan bisa dirasakan anak hingga ia dewasa kelak. Simak yang berikut.

Kurangnya Perhatian dan Keterlibatan

Orangtua yang sedang mengalami depresi cenderung kurang mampu memberikan perhatian dan keterlibatan yang diperlukan bagi perkembangan emosional, sosial, dan kognitif anak-anak mereka. 

Mereka cenderung tidak memiliki energi atau minat untuk berinteraksi dengan anak-anak. Hal ini nantinya bisa menyebabkan perasaan kesepian dan diabaikan pada anak-anak. Ini sangat rentan membuat anak merasa tidak diperhatikan pun dibutuhkan oleh orangtuanya. 

Ketidakstabilan Emosional dan Perilaku

Depresi bisa menyebabkan perubahan emosi yang tajam dan perilaku yang tidak konsisten pada orangtua. Hal ini bisa sangat membingungkan dan menakutkan bagi anak-anak. Besar kemungkinan, anak pun rentan merasa tidak aman dan tidak stabil di rumah.

Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Anak yang Terabaikan

Orangtua yang mengalami depresi cdnderung kurang mampu memberikan perhatian yang memadai pada kesehatan fisik dan kesejahteraan anak-anak mereka. Jangankan memperhatikan kesehatan anak, memperhatikan kesehatannya sendiri akan kurang mampu. 

Anak-anak dari orangtua yang depresi, akan lebih mungkin mengalami masalah pada pola makannya, kebersihan pribadinya dan kebutuhan medisnya saat tak enak badan atau sakit. Kesehatan fisik dan kesejahteraan anak rentan terabaikan saat ia memiliki orangtua yang dilanda stres pun depresi berat. 

Risiko Terjadinya Penyalahgunaan dan Kekerasan dalam Rumah Tangga

Orangtua yang mengalami depresi memiliki risiko lebih tinggi untuk terlibat dalam penyalahgunaan sikap dan kekerasan dalam rumah tangga. Ini bisa menciptakan lingkungan yang tidak aman dan tidak stabil bagi anak-anak. Yang kemudian mengakibatkan trauma emosional dan fisik pada anak.

Gangguan dalam Prestasi Akademik dan Sosial

Anak-anak yang memiliki orangtua dengan risiko depresi, cenderung mengalami gangguan dalam prestasi akademik dan sosial mereka. Bisa jadi, anak-anak akan lebih kesulitan berkonsentrasi di sekolah, berinteraksi dengan teman sebaya, pun mencapai potensi mereka secara penuh.

Risiko Gangguan Mental pada Anak

Anak-anak dari orangtua yang mengalami depresi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan mental yang sama. Anak-anak ini rentan terhadap risiko masalah mental seperti kecemasan, depresi, dan gangguan perilaku. Lingkungan yang tidak stabil dan kurangnya dukungan emosional dari orang terdekat terutama orangtua, bisa berkontribusi besar pada perkembangan gangguan mental pada diri anak. 

Orangtua yang mengalami depresi bisa memiliki dampak yang signifikan pada tumbuh kembang anak-anak mereka. Oleh karena itu, penting bagi orangtua yang mengalami depresi untuk mencari bantuan dan dukungan yang diperlukan. Hal ini agar mereka tetap bisa memberikan perhatian dan lingkungan yang stabil bagi anak-anak mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading