Sukses

Parenting

Terapkah Metode PICK: Solusi Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Buku adalah jembatan ilmu. Setidaknya itulah peribahasa yang digunakan untuk memotivasi orang-orang untuk membaca buku. Buku akan menjadi sumber ilmu  apabila memilihnya dengan tepat. Buku yang tidak tepat bisa menjerumuskan ke dalam pola pikir yang salah.

Terlebih lagi pada anak, buku dapat menjadi hiburan sekaligus media belajar untuk mengenal dunia. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan rentan pada ajaran yang salah. Oleh sebab itu, penting untuk memilih buku yang tepat untuk menunjang perkembangkan pikiran dan emosional anak. Dilansir dari connectionsacademy.com, metode PICK bisa menjadi solusi cara memilih buku anak. Simak penjelasan selengkapnya.

P (Purpose)

Sebelum memilih buku, kenali terlebih dahulu apa tujuan dari membaca buku. Apakah hanya untuk media hiburan atau untuk media anak belajar. Sesuaikan buku dengan kebutuhan anak. Berikut adalah rekomendasi pilihan buku yang tepat sesuai usia anak:

  • Usia 0-2 tahun: Pilih buku yang bisa memberi stimulasi baik secara visual maupun mental. Seperti buku bergambar dengan bentuk sederhana dan buku yang dapat mengeluarkan suara. Ini akan membantu anak dalam stimulasi penglihatan dan pendengaran.
  • Usia 2-6 tahun: Pilih buku yang membantu anak untuk mengekspresikan dirinya. Buku yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk membantu anak mengekspresikan dirinya.
  • Usia 5-8 tahun : Pada usia ini anak telah mampu memahami cerita dengan jalan cerita lebih kompleks. Pilih buku yang bisa memperkaya kosa kata anak dan mengembangkan imajinasinya, seerti buku fiksi, komik, atau novel bergambar.
  • Usia 7-10 tahun: Pilih kombinasi buku fiksi dan non fiksi. Agar anak belajar untuk membedakannya. Selain itu, anak juga telah mampu membaca buku series pendek.

I (Interest)

Sesuaikan buku dengan ketertarikan anak. Anak 2 tahun tentu memiliki ketertarikan yang berbeda dengan anak usia 9 tahun. Pilih buku yang tepat agar anak juga dapat menikmati bukunya. Berikut adalah rekomendasi pilihan bukuyang tepat sesuai usia anak:

  • Usia 0-2 tahun: Pilih buku yang bisa mengeluarkan suara. Juga buku dengan bentuk gambar sederhana yang bisa dipahami anak.
  • Usia 2-6 tahun : Buku yang merefleksikan kegiatan anak sehari-hari, seperti bermain dengan teman atau rutinitas sebelum tidur. Juga bisa memilih buku sesuai dengan pengalaman anak seperti piknik keluarga atau menginap di rumah nenek.
  • Usia 5-8 tahun:  Buku dengan ilustrasi setiap narasi bisa menjadi pilihan tepat. Anak mulai tertarik pada cerita yang memiliki jalan cerita kuat, seperti buku fiksi, novel sederhana, atau buku legenda.
  • Usia 7-10 tahun: Perpaduan buku fiksi dan nonfiksi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak usia ini. Anak akan lebih tertarik pada sesuatu yang bisa ia imajinasikan. Buku horor, humor, atau olahraga bisa menjadi referensi.

C (Comprehend)

Sebelum memilih buku untuk anak, ketahui kemampuan anak. Pilih buku yang mampu anak pahami apa yang ia baca. Membuat kesimpulan dari apa yang ia baca. Berikut adalah rekomendasi pilihan buku yang tepat sesuai usia anak:

  • Usia 0-2 tahun: Pilih buku dengan kosa kata didengar anak sehari-hari. Ini membantunya memahami jalan cerita dalam buku.  Buku dengan pengulangan kata juga bisa membantu anak memahami buku.
  • Usia 2-6 tahun: Anak akan lebih memperhatian kosa kata dalam bukunya. Pilih buku yang bisa menambah pengetahuan kosa kata anak. Buku dengan jalan cerita sederhana bisa menjadi pilihan.
  • Usia 5-8 tahun: Anak telah mampu menelaah buku dengan jalan cerita lebih rumit. Pilih buku dengan narasi yang mudah dipahami anak jika jalan cerita buku sedikit rumit. Ini akan membantu anak memahami jalan cerita buku.
  • Usia 7-10 tahun: anak mulai tertarik pada jalan cerita yang lebih kompleks dan cerita berepisode. Pada usia ini, anak telah mampu memahami jalan cerita yang kompleks.

K (Know)

Pilih buku sesuai dengan pengetahuan anak tentang kosa kata yang digunakan. Pengetahuan kata anak 1 tahun akan sangat berbeda dengan anak usia 7 tahun. Jangan sampai salah memilih buku yang tidak bisa dipahami anak. Berikut adalah rekomendasi pilihan buku yang tepat sesuai usia anak:

  • Usia 0-2 tahun: Pilih buku dengan kosa kata sederhana yang anak  familiar dengar sehari-hari. Pengulangan kosa kata dalam buku juga menjadi pilihan yang tepat.
  • Usia 2-6 tahun:  Anak telah mampu memahami narasi sederhana. Buku dengan kalimat-kalimat pendek bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Usia 5-8 tahun: Mulai pilih buku dengan narasi lebih kompleks. Biasakan anak membaca buku dengan ilustrasi bukan full bergambar. Ini akan melatih kemampuan membaca anak juga.
  • Usia 7-10 tahun: Anak telah mampu membaca buku berepisode. Cerita yang bisa dipahami juga lebih panjang dan kompleks dari anak usia sebelumnya. 

Metode PICK bis amenjadi pilihan tepat sebelum membeli buku dengan anak. Pilih buku yang tepat agar menambah pengetahuan dan sekaligus menjadi media hiburan untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading