Sukses

Relationship

8 Alasan Mengapa Seseorang Tidak Mampu Mencintai

Fimela.com, Jakarta Ada orang di dunia yang tidak mampu mencintai. Sayangnya, itu terjadi lebih sering daripada yang ingin diakui siapa pun. Orang yang tidak mampu mencintai orang lain tidak mencintai dirinya sendiri. Tanpa itu, mereka tidak mungkin mencintai orang lain atau bahkan tahu bagaimana mengalami cinta jika mereka belum belajar mencintai siapa mereka dulu. Karena itu, mempertahankan hubungan cinta hampir tidak mungkin bagi mereka.

Bisakah seseorang tidak mampu mencintai?

Jawabannya adalah ya, mereka bisa. Alasan beberapa orang tidak mampu mencintai bisa berasal dari pengalaman masa kecil mereka yang negatif, trauma hubungan masa lalu, atau bahkan sifat kepribadian mereka. Namun, orang dapat bekerja pada diri mereka sendiri dan keluar dari situasi itu dengan tekad dan keinginan yang cukup. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda seseorang tidak mampu mencintai.

1. Mereka menyalahkan orang lain

Orang yang tidak mampu mencintai memiliki kecenderungan untuk menyalahkan masalah pada orang lain. Mereka tidak memiliki wawasan tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi pada masalah. Mereka berpikiran sempit dan hanya fokus pada bagaimana situasi atau hubungan menguntungkan mereka atau menahan mereka. Mereka jarang menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana.

2. Tak Bertanggung Jawab

Orang yang tidak memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mencintai seseorang memiliki kemampuan terbatas untuk melihat kesalahan mereka dalam situasi atau hubungan. Alih-alih mengerjakan hal-hal dalam hubungan sebagai jalan dua arah, sering kali itu sepihak.

Jika seseorang bahkan tidak bisa mencintai dirinya sendiri, bagaimana mereka bisa melihat kesalahan dalam pikiran mereka yang terbatas dan sempit? Mereka tidak bisa dan mereka bahkan tidak akan mencoba.

3. Mereka membuat alasan

Baik untuk hubungan saat ini atau masa depan. Sekali lagi, harus mengakui sesuatu akan membutuhkan semacam kesadaran diri dan pengetahuan tentang dirimu sendiri. Sebaliknya, orang yang tidak bisa mencintai akan membuat alasan untuk perilaku mereka. Pembenaran umum terjadi pada mereka yang tidak memiliki kesadaran diri dan tidak memiliki kemampuan untuk mencintai orang lain.

4. Mereka mudah menyerah

Mereka menyerah begitu saja jika sesuatu atau seseorang tidak menguntungkan mereka lagi. Mereka tidak memikirkan orang lain. Sejujurnya, mereka tidak terlalu peduli. Ketika sesuatu tidak lagi melayani tujuan yang menguntungkan orang yang tidak memiliki cinta, minat mereka pada seseorang dan hubungannya berkurang.

5. Mereka Kurang Tertarik untuk Berkembang Sebagai Pribadi

Sebagai akibat dari pernyataan di atas, orang ini tidak akan menunjukkan banyak minat. Seiring berjalannya waktu, dirimu akan melihat rentang perhatian mereka memendek hampir seolah-olah mereka mengatakan bahwa mereka tidak peduli tanpa mengucapkan kata-kata itu dengan keras.

6. Kurangnya Komunikasi

Sebagai akibat dari seseorang yang tidak dapat mencintai dan sifat mereka yang tertutup secara umum, mereka jarang berkomunikasi. Mereka akan membiarkan perasaan kesal atau sakit hati muncul di dalam diri mereka sampai mereka tidak tahan lagi dan meledak. Rasa frustrasi ini ada di dalam diri mereka sehingga mereka seharusnya tidak menyalahkan orang lain.

7. Mereka Menarik Diri Secara Emosional

Mereka secara emosional akan menarik diri dari hubungan sementara dirimu mungkin atau mungkin tidak menyadari apa yang terjadi dalam pikiran mereka karena kesulitan emosional mereka. Dirimu mungkin sedang mengerjakan hubungan sementara mereka semakin menjauh darimu.

8. Mereka Tidak Bahagia

Orang yang tidak mampu mencintai juga tidak bahagia. Mereka mungkin menjelaskan ini adalah hal baru atau sudah progresif. Tapi inilah kebenarannya, ketidakbahagiaan dimulai dengan orang tersebut dan tidak memiliki dasar yang jelas tentang siapa mereka. Mereka menjadi tidak bahagia karena mereka tidak tahu siapa mereka.

Sebelum dirimu mencintai orang lain, alangkah baiknya dirimu mencintai diri sendiri. Kenali dirimu dengan baik.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tanda Dia Benar-benar Mencintaimu Terlepas dari Segala Kekuranganmu