Sukses

Relationship

Jika Kamu Masih Melakukan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Belum Bisa Move On dari Mantanmu

Fimela.com, Jakarta “Relationships are difficult and breakups are too,” begitulah kalimat yang cocok bagi orang yang baru saja putus cinta dan ditinggalkan kekasihnya. Hal ini dikarenakan setiap orang butuh waktu yang berbeda-beda untuk bisa sembuh dari hubungan yang telah berakhir. 

Orang lain mungkin bisa menghabiskan bertahun-tahun meratapi apa yang telah terjadi, namun ada orang lain yang hanya butuh sedikit waktu untuk bisa lupa dan rela melepaskan semuanya. Ini bervariasi dari orang ke orang. 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa move on dari mantannya juga sangat bergantung pada seberapa serius hubungan itu dan seberapa parah perpisahan itu ditangani oleh salah satu atau kedua belah pihak. 

Kamu harus bisa memastikan bahwa kamu benar-benar telah move on dari hubungan sebelumnya sebelum kamu dapat mulai jatuh cinta lagi dan memulai hubungan baru. Namun sayangnya bagi beberapa orang, mereka bahkan belum move on dan tidak menyadari hal itu. Hal inilah yang nantinya akan berdampak pada hubungan barumu. 

Untuk menyadari hal tersebut, kamu perlu melihat 5 tanda ini apakah masih terjadi pada dirimu atau tidak. Jika banyak tanda ternyata relate dengan dirimu, maka kemungkinan besar, kamu belum move on dari hubungan sebelumnya.

Social media stalking

Kebanyakan orang memeriksa akun media sosial orang lain setidaknya sekali sehari. Jika kamu membiarkan dirimu untuk melihat-lihat apa yang mantanmu lakukan di media sosial, ataupun memeriksa siapa saja yang mantanmu ikuti di akun media sosialnya, bahkan untuk melihat unggahan apa saja yang ada di media sosialnya, maka dapat dipastikan bahwa kamu belum bisa move on dari mantanmu. 

Jika kamu tidak dapat menahan diri untuk tidak mengawasi mantanmu, terutama jika kamu bertujuan untuk mencari bukti bahwa mreka merindukanmu atau bahw mereka telah menemukan kekasih baru, maka dapat dipastikan, kamu belum mampu melupakan mantanmu.

Menyindir mantan di media sosial

Mungkin banyak orang yang sering melakukan hal ini namun tak sadar bahwa hal ini merupakan tanda bahwa dirinya belum bisa lepas dari hubungan sebelumnya. 

Contohnya seperti menjelek-jelekkan mantan lewat media sosial, membuat status yang ada hubungannya dengan mantan, atau bahkan sekadar membagikan lagu yang memang kamu tujukan untuk mantan, itu semua merupakan tanda bahwa kamu masih sering menyindirnya, dan itulah pertanda bahwa kamu belum bisa move on darinya.

Masih menyimpan foto atau chat dengan mantan

Jika kamu masih menyimpan foto-foto atau bahkan chat dengan mantanmu, dapat dipastikan kamu belum bisa lepas sepenuhnya dari mereka. Hal ini artinya kamu juga masih tidak bisa menahan dirimu untuk selalu mengingat kembali memori dengan mereka.

Sebetulnya hal itu bukanlah hal yang salah untuk tidak melupakan semua memori yang telah dilewati bersama. Namun, dalam proses move on, ada baiknya kamu melupakan kenangan-kenangan tersebut, agar kamu bisa lupa sepenuhnya dengan mereka.

Sering menanyakan kabarnya lewat kerabatnya

Mungkin kamu tidak menyadari kalau ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu belum bisa move on dari mantanmu. Namun, jika kamu mendapati dirimu selalu menanyakan apa yang dilakukan mantanmu atau sekadar menanyakan kabarnya kepada teman-temannya, kemungkinan kamu belum bisa move on dari hubungan tersebut. 

Terlebih, jika kamu merasa masih berhak mengetahui detail tentang kehidupannya, seperti siapa yang mereka kencani, ke mana mereka berkencan, dan hal-hal privasi lainnya, itu tandanya kamu masih terpaku pada mereka dan belum menerima bahwa hubunganmu dengannya sudah berakhir.

Seringkali membicarakannya

Beberapa waktu setelah putus dengan mantanmu, mungkin sebagian besar temanmu tidak akan terkejut jika kamu terus sering menyebut mantanmu dalam setiap cerita yang kamu sampaikan. Lagi pula, butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan bahwa kamu bukan lagi orang yang paling penting dalam kehidupan mantanmu. 

Ya, mantanmu mungkin muncul dalam setiap cerita tentang ketika kamu masih bersama, namun kamu ketika kamu sudah move on, kamu harus memiliki banyak hal untuk dibicarakan yang tidak melibatkan mantanmu. 

Penting diingat bagi kamu, jika kamu ingin memulai kisah cinta yang baru, pastikan kamu sudah bisa lepas dari mantanmu sepenuhnya, agar kamu bisa menjalani hubungan yang baru tanpa bayang-bayang mantan, ya. 

Jatuh cintalah saat kamu sudah diberi kesiapan, bukan di saat kamu kesepian. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Dekat Tapi Nggak Jadian? Ini 5 Tips Melupakan Gebetan
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Gundah Melihat Pencapaian Orang Lain, sebab Prioritas Hidup Kita Berbeda-beda