Sukses

Relationship

6 Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Apakah seseorang lajang, dalam suatu hubungan, atau menikah, uang memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Itu diperlukan bahkan untuk fasilitas paling dasar yang kita butuhkan termasuk makanan, tempat tinggal, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keamanan finansial untuk menjalani kehidupan yang nyaman. Selanjutnya, uang menjadi lebih penting setelah menikah karena tanggung jawab dan pengeluaran seseorang meningkat setelahnya. Oleh karena itu, hal-hal seperti uang, investasi, dan pengeluaran perlu didiskusikan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan perbincangan tentang keuangan sebelum menikah.

1. Jangan Menahan Diri

Meskipun pembicaraan uang sebelum menikah bukanlah topik yang mudah, kalian berdua tidak boleh menahan apa pun dari satu sama lain. Ketika kamu siap untuk komitmen seumur hidup, kamu perlu berbagi segalanya dengan pasanganmu. Jadi, bagilah penghasilan dan hutangmu dengan pasangan. Daftar aset dan tabunganmu. Ketika kamu menikah, kalian masing-masing mengambil kewajiban dan aset satu sama lain.

2. Putuskan Apakah Kalian Pemboros atau Penabung

Bahkan jika kalian memasuki pernikahan tanpa hutang, itu semua tergantung pada siapa di antara kalian yang menabung dan mana yang dibelanjakan. Pembicaraan uang penting untuk memutuskan siapa siapa. Ini sangat penting jika kalian berdua suka berbelanja secara royal, karena kamu perlu menetapkan beberapa batasan dan bersikap realistis tentang pengeluaran rutin.

3. Rencanakan Anggaran

Sebelum menikah, diskusikan manajemen pengeluaran dengan pasangan. Ini harus mencakup pembelian paling minimal hingga yang lebih besar seperti kendaraan dan hipotek. Juga, rekening bank bersama membuat keuangan menjadi transparan, memberi kalian berdua kesempatan untuk melihat di mana perbaikan mungkin diperlukan.

4. Menjaga Keseimbangan yang Sehat

Jika hanya salah satu dari kalian yang bekerja, dan yang lainnya adalah ibu rumah tangga, seharusnya tidak ada kebencian diam-diam yang muncul di dalam diri kalian berdua. Melakukan diskusi keuangan sebelum menikah akan membantumu menetapkan harapan yang jelas. Pastikan kalian masing-masing merasa diakui dan dihargai untuk menjaga hubungan cinta tetap hidup

5. Rencanakan Masa Depan

Adalah umum bagi pengantin baru untuk mulai merencanakan untuk anak-anak. Jika kamu dan pasangan berencana untuk memiliki anak, penting untuk mendiskusikan perubahan karier untuk pengasuhan anak, biaya pengasuhan anak, dan perubahan gaya hidup. Penting untuk melakukan percakapan keuangan sebelum menikah tentang kemungkinan ini dengan pasanganmu sehingga kamu dapat membuat rencana untuk mengatasi skenario yang mungkin terjadi.

6. Bicaralah Tentang Keluarga Besar

Selain kedua pasangan, pernikahan juga melibatkan kedua keluarga. Terkadang, itu berarti menanggung biaya pengobatan orang tua yang sakit, membantu mengasuh anak untuk saudara perempuan yang kehilangan pekerjaannya, atau hanya membantu saudara ipar dengan rencana bisnisnya. Jadi, beri tahu pasanganmu ke mana uangmu akan dibelanjakan dan dapatkan kesepakatan yang memastikan kalian berdua nyaman dengan pengeluaran tersebut.

Membicarakan perihal keuangan sebelum menikah memang terlalu sensitif, namun perlu dilakukan pembicaraan di awal.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Pengelolaan Uang untuk Meningkatkan Keuanganmu
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan Investasi yang Harus Dihindari Investor Pemula