Sukses

Relationship

Hindari 4 Rencana Finansial Ini Saat Masih Pacaran, Biar Nggak Jadi Drama Kemudian

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang bisa saja direncanakan saat sudah merasa menemukan sosok yang tepat untuk dijadikan pasangan. Nggak hanya bermodal klik dan nyambung diajak ngobrol, berusaha saling memahami dan menerima satu sama lain juga diperlukan supaya bisa menjalin hubungan jangka panjang yang sukses.

Sebagian dari kamu yang sudah merasa bertemu dengan ‘the one’ yang selama ini ditunggu mungkin juga sudah mulai punya rencana tentang seperti apa hubungan ke depannya. Jika sudah sama-sama serius, wacana untuk menikah memang sudah semakin dekat. Tapi, seyakin apapun kamu dengan si dia, sebaiknya hindari membuat rencana finansial berikut ini jika masih berstatus pacaran. Penting banget biar nggak jadi drama kemudian.

Membeli Asset Bersama

Saat pacaran, sebagian dari kamu mungkin mulai memperlakukan barang satu sama lain seperti miliknya sendiri. Kebiasaan ini nggak jarang bikin kalian ingin membeli sesuatu untuk dimiliki bersama. Misalnya saja, sama-sama suka fotografi, patungan membeli kamera keluaran terbaru mungkin bisa jadi jalan tengah agar lebih hemat. Toh bakal digunakan bersama-sama.

Tapi, ada baiknya menghindari hal ini jika masih berstatus pacaran. Apalagi untuk barang-barang yang nilainya tinggi, seperti tanah, rumah, atau kendaraan. Biarpun tujuan untuk digunakan bersama, tapi nggak ada yang tahu apakah kalian akan tetap terus bersama atau malah harus putus di tengah jalan. Biar nggak jadi drama kemudian, ada baiknya hindari membeli asset bersama.

Membuat Rekening Bersama

Bagi yang sudah punya rencana menikah, menabung pastinya jadi cara untuk mewujudkan hal tersebut. Beberapa pasangan ada juga yang memutuskan untuk membuat rekening bersama yang bisa membuat pengelolaan tabungan lebih mudah dan transparan. Namun, demi menghindari drama ada baiknya untuk tidak melakukan hal ini saat masih pacaran.

Saat masih pacaran, ada banyak kemungkinan nggak terduga yang bisa saja terjadi dan membuat rencana jadi berantakan. Kehadiran rekening bersama bisa terlalu berisiko saat hubungan sudah nggak bisa diselamatkan. Malah bisa jadi bibit masalah baru di kemudian hari, lho.

Mempercayakan Pacar untuk Mengelola Gajimu

Saat masih pacaran, sebaiknya hindari melibatkan pasangan terlalu dalam untuk hal yang berkaitan dengan personal finance kamu. Apalagi kalau sampai kamu percayakan untuk mengelola gaji bulanan. Sampai saat ini, uang masih jadi isu yang sensitif. Bahkan bisa membuat dua orang yang saling menyayangi berubah menjadi benci. Meskipun tujuannya untuk kebaikan, misalnya karena kamu terlalu boros sehingga butuh orang lain untuk mengerem kebiasaan belanja tersebut. Tapi, sebaiknya hindari terlalu mempercayakan pacar untuk hal yang satu ini jika tidak ingin berubah jadi drama kemudian.

Investasi Bersama

Investasi memang jadi salah satu financial planning yang lagi ngetren beberapa waktu belakangan ini. Reksadana atau saham memang bisa jadi passive income yang menggiurkan jika dikelola dengan tepat oleh sosok yang sudah memahami aturan mainnya.

Meskipun pacar terlihat jago bermain investasi, tapi sebaiknya hindari investasi bersama jika masih dalam status pacaran. Apalagi kalau nggak ada kejelasan bagaimana pembagiannya hasilnya nanti. Lebih baik investasi atas nama masing-masing supaya tidak terjebak drama yang tidak perlu di kemudian hari.

Merencanakan masa depan bersama saat pacaran memang hal yang penting dilakukan. Tapi, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan perencanaan finansial karena hal yang satu ini tergolong sensitif dan bisa jadi konflik tersendiri jika tidak ditangani dengan baik.

What's On Fimela
Loading