Sukses

Relationship

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Perempuan saat Pakai Aplikasi Kencan di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Aplikasi kencan menjadi salah satu media yang makin sering dipakai untuk mencari kenalan baru atau jodoh di masa pandemi. Mengingat interaksi sosial makin terbatas selama pandemi sementara kebutuhan atau keinginan untuk mencari jodoh semakin meningkat, menggunakan aplikasi kencan dianggap menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan belahan jiwa. Hanya saja kita tetap perlu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi kencan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi kencan. Mulai dari soal menjaga privasi, menampilkan identitas dan foto diri, hingga soal mengatur ekspektasi. Secara umum ada lima hal penting yang perlu diwaspadai perempuan saat menggunakan aplikasi kencan di masa pandemi ini.

1. Jangan Mengumbar Semua Data Pribadi

Kita tak pernah tahu siapa saja yang melihat profil kita. Siapa saja yang menggunakan aplikasi kencan pun bisa melihat profil kita dengan bebas dan leluasa. Selain itu, kita tak pernah tahu niat atau maksud tiap pengguna aplikasi kencan. Ada baiknya kita tak mengumbar semua data pribadi kita. Data seperti alamat rumah, alamat kantor, nomor ponsel, atau tempat yang biasa kita kunjungi ada baiknya tidak ditampilkan demi keamanan dan kenyamanan kita.

2. Tetap Jaga Ekspektasi Senetral Mungkin saat Menemukan Kenalan Baru

Ada penelitian menarik terkait jodoh dan aplikasi kencan. Melansir laman brightside.me, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli ekonomi Philipp Hergovich dari University of Vienna dan Josue Ortega, peneliti di Center for European Economic Research, menunjukkan bahwa pasangan yang bertemu via situs kencan online atau aplikasi kencan online berpeluang besar akan lebih langgeng saat mereka menikah, daripada orang-orang yang memulai hubungan mereka melalui cara tradisional seperti dikenalkan oleh teman, bertemu di tempat kerja, atau di bar. Hasil penelitian tidak hanya memperlihatkan bagaimana internet memberi lebih banyak kestabilan pada hubungan tersebut, tetapi juga lebih banyak keragaman.

Memang ada yang menemukan jodohnya via aplikasi kencan, tapi ada juga yang tak kunjung menemukan orang yang tepat. Di sini kita perlu menjaga ekspektasi senetral mungkin saat punya kenalan baru. Hanya karena merasa nyambung saat chatting, bukan berarti dia pasti jodohmu. 

3. Tetaplah Selektif saat Mencari Kenalan Baru

Jangan asal swipe right semua profil yang kamu temui. Dengan kata lain, saat swiping, usahakan untuk tetap selektif. Tidak semua profil harus kamu swipe right. Tetap ikuti kriteria atau standar yang kamu tetapkan sendiri. Baca profil dan perhatikan foto yang ditampilkan dengan baik-baik sebagai pertimbangan yang lebih matang untuk menemukan orang baik. Dengan cara ini, kamu tidak akan gampang merasa stres atau kewalahan menanggapi pesan teks dari sembarang orang.

4. Pengguna Aplikasi Kencan Punya Berbagai Tujuan 

Ya, ada yang memang ingin mencari jodoh. Ada yang sekadar iseng untuk mengisi waktu luang karena bosan selama pandemi. Ada juga yang cuma ingin mencari teman atau kenalan baru. Bahkan ada juga yang dengan terang-terangan ingin mencari friend with benefits atau pengalaman one night stand. Tetaplah berhati-hati saat mendapat kenalan baru. Sebab kita tak pernah tahu maksud, niat, dan tujuan tiap pengguna aplikasi kencan ini. Bahkan membedakan profil asli dan palsu bisa sangat membingungkan dan bikin stres. Jadi, kalau sudah merasa punya firasat buruk atau perasaan tidak enak saat berkenalan dengan seseorang, ada baiknya untuk segera menjaga jarak.

5. Tak Usah Baper Menghadapi Fenomena Ghosting

Bertahan di masa pandemi ini memang tak mudah. Tak sedikit orang yang makin gampang stres dan tertekan. Bahkan ada yang menggunakan aplikasi kencan sebagai bentuk hiburan semata. Ada yang cuma ingin kenalan iseng saja, dan kalau sudah bosan akan menghilang. Fenomena ghosting (menghilang begitu saja bagai hantu) di dunia aplikasi kencan bukanlah hal baru. Tak perlu baper atau merasa sedih berlebihan jika ada kenalan barumu yang mendadak hilang.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah jangan buru-buru bertemu di dunia nyata dengan seseorang yang baru dikenal. Kalaupun mau bertemu, pastikan di tempat yang aman dan kamu tidak sendirian. Tetap jaga diri baik-baik ya selama menggunakan aplikasi kencan. Kalau memang dari aplikasi tersebut kamu bisa bertemu belahan jiwamu, semoga hubunganmu bisa diwarnai kebahagiaan ke depannya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Pria Kenalan dari Aplikasi Kencan yang Perlu Diwaspadai
Artikel Selanjutnya
Cepat Dapat Pacar lewat Aplikasi Kencan dengan Menghindari 5 Hal Ini