Sukses

Lifestyle

Kalem Cari Jodoh, 5 Tips Menjaga Kewarasan Diri saat Pakai Aplikasi Kencan

Fimela.com, Jakarta Baru saja match dengan seseorang di aplikasi kencan. Baru saja bertukar pesan teks di chatroom. Eh, beberapa detik kemudian dia menghilang begitu saja. Lagi-lagi kamu jadi korban ghosting. Ugh! Tentu saja hal ini bikin kesal, ya.

Belum lagi ketika sudah merasa cocok dengan seseorang di aplikasi, mengobrol banyak hal di chatroom, tapi perkenalan itu tak menunjukkan adanya kemajuan. Bahkan tak ada tanda-tanda ia ingin bertemu langsung denganmu dan mengenalmu lebih jauh, padahal kamu merasa dia tipe idealmu. Well, mencari jodoh melalui aplikasi kencan memang kadang sangat menguras energi dan emosi.

Melansir laman health.clevelandclinic.org, neuropsikolog Cynthia Kubu, PhD punya beberapa saran yang perlu kita pahami agar bisa menjaga kewarasan dalam menggunakan aplikasi kencan. Harapannya agar kita tidak gampang stres, gelisah, atau panik ketika mencari jodoh di dunia maya. Supaya bisa tetap kalem dalam upaya terbaikmu menemukan cinta sejati yang diharapkan.

1. Fokus pada Keuntungan Menggunakan Aplikasi

"Kita punya akses ke orang-orang yang belum pernah kita temui sebelumnya dan kita bisa mengetahui gambaran tentang mereka sebelum ketemuan," papar Cynthia. Kita bisa mengoptimalkan profil yang kita tampilkan di aplikasi. Fokus pada persona terbaik yang kamu punya. Serta saat swiping, kita bisa fokus pada profil yang dibuat dengan rapi mulai dari kata-kata hingga foto-foto yang ditampilkan.

2. Jangan Menyalahkan Dirimu saat Pesanmu Tak Direspons

"Jika seseorang tak merespons, biasanya ini tak ada kaitannya denganmu," kata Cynthia. "Ingat, mereka tida mengenalmu." Intinya adalah jangan menyalahkan diri sendiri saat pesanmu tak dijawaba atau direspons. Ya sudah tak apa. Tinggal cari match baru atau mencoba untuk mencari seseorang yang lebih tepat.

3. Tetaplah Selektif

Saat swiping, usahakan untuk tetap selektif. Tidak semua profil harus kamu swipe right. Tetap ikuti kriteria atau standar yang kamu tetapkan sendiri. Dengan cara ini, kamu tidak akan gampang merasa stres atau kewalahan menanggapi pesan teks dari sembarang orang.

4. Jangan Terlalu Lama Terjebak di Romansa Virtual

"Ada hal-hal yang tak bisa kita lihat secara elektronik. Kita harus bertemu langsung dengan orangnya untuk bisa benar-benar mengenalnya," ungkap Cynthia. Ketika sudah merasa yakin dengan kenalan di aplikasi kencan, cobalah untuk mengatur pertemuan langsung. Kenali lebih dalam melalui pertemuan tatap muka. Supaya bisa lebih mudah memutuskan akan dibawa ke mana hubungan yang terbentuk. Terjebak terlalu lama di romansa virtual hanya akan menambah kegelisan dan ini bisa membuat kita stres sendiri.

5. Kelola Ekspektasi

Memang ada pasangan yang berjodoh melalui aplikasi kencan. Namun, bukan berarti semua pengguna aplikasi kencan berhasil menemukan belahan jiwanya dengan cara yang ajaib. "Lepaskan ekspektasi bahwa kencan daring akan terjadi dengan ajaib. Kita masih harus bekerja keras dalam membangun hubungan apa pun," terang Cynthia. Atur ekspektasi saat menggunakan aplikasi kencan. Tak perlu terlalu terburu-buru tapi juga tak harus menjadi pesimis. Namanya juga salah satu usaha mencari jodoh, jadi tetap utamakan untuk menjaga hati dan ekspektasi.

Apakah Sahabat Fimela di sini ada yang punya pengalaman menarik soal mencari jodoh melalui aplikasi kencan? Kira-kira hal terpenting apa yang perlu diingat tiap kali menggunakan aplikasi kencan? Boleh lho berbagai cerita dan pengalamanmu juga di sini.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 4 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Menemukan Belahan Jiwa yang Baru setelah Menikah, Harus Bagaimana?
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Cinta Baru akan Segera Datang dalam Hidupmu