Sukses

Relationship

3 Cara Cerdas Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan

Fimela.com, Jakarta Mungkin ada yang menganggap bahwa kehidupan setelah pernikahan itu lebih bahagia. Meskipun tidak sepenuhnya salah, tentu diperlukan kerja keras dari pasangan untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Setiap pernikahan pasti memiliki tantangan harus dihadapi. Masalah finansial merupakan masalah paling umum yang dialami setiap pasangan yang dapat menyebabkan stres.

Tentunya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut bersama pasangan. Lalu seperti apa cara untuk mengatasi stres finansial dalam hubungan? Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berpikir Cerdas Tentang Pengeluaran

Jika keuangan menyebabkan kamu dan pasangan stres, carilah hal-hal yang dapat mengurangi anggaranmu seperti pembelian makanan berlebihan, pembelian pakaian, atau barang-barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Kuncinya adalah mengubah fokusmu, misalnya mengindentifikasi kebiasaan belanja yang ingin dibuat. Kamu dan pasangan dapat lebih fokus pada bagaimana akan menikmati cara menabung daripada menghabiskan uang.

2. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Mulai sekarang, sebelum membeli barang , pikirkan barang tersebut benar-benar akan meningkatkan kualitas hidup atau apakah hal itu hanya akan membuatmu merasa stres karena harus mengeluarkan uang ekstra. Hal ini seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya lebih mudah. Strategi ini dapat membantumu mengurangi pengeluaran berlebih.

3. Membuat Laporan Keuangan Setiap Bulan

Jika perlu bicarakan dan buat laporan keuangan bersama pasangan setiap sebulan sekali atau dalam mingguan. Bicarakan tentang pengeluaran yang diperlukan dan buat anggaran yang disepakati berdua dengan pasangan.

Meskipun keuangan menjadi masalah umum, ada baiknya untuk membicarakannya secara rutin. Bila jumlah anggaran melebihi pendapatan, ada baiknya kurangi beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Raih Kesempatan Emas di Era Digital Bersama PT Pegadaian
Artikel Selanjutnya
7 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Jangan Sampai Terlilit Hutang