Sukses

Relationship

5 Perubahan Hidup yang Paling Dirasakan Perempuan setelah Menikah

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa pernikahan adalah sebuah perjalanan. Perjalanan baru yang menawarkan berbagai pengalaman baru juga. Ketika memasuki pernikahan, maka ada masa transisi yang akan kita hadapi. Selain itu, ada berbagai macam penyesuaian dan perubahan baru yang dirasakan.

Bagi perempuan, ada sejumlah perubahan yang paling terasa dalam hidupnya setelah menikah. Umumnya, lima perubahan ini yang paling sering dirasakan. Di antara kita yang sudah menikah mungkin juga sedang mengalami atau merasakan perubahan ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Perubahan Cara Membuat Keputusan

Sebelum menikah, kamu bisa membuat berbagai macam keputusan sendiri. Kini, setelah menikah, ada sejumlah keputusan yang tak bisa dibuat sendiri sehingga perlu selalu melibatkan suami. Seperti dalam keputusan soal akan menghabiskan waktu libur hari besar, perlukah ke rumah orangtua lebih dulu atau ke rumah mertua? Ada lebih banyak pertimbangan saat akan membuat sebuah keputusan dalam rumah tangga.

2. Perubahan Mengelola Keuangan

Keuangan bisa jadi sumber masalah jika tidak dikomunikasikan dan didiskusikan dengan baik. Penting untuk terbuka soal pendapatan atau penghasilan masing-masing. Selain itu, dalam mengelola keuangan pun ada sejumlah perubahan yang dilakukan. Misalnya, setelah menikah jadi meluangkan lebih banyak waktu untuk mengatur dana darurat hingga investasi masa depan. Cara mengatur pengeluaran pun perlu disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan.

 

3. Perubahan dalam Mengatur Waktu

Saat masih lajang, kita bisa mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan pribadi. Setelah menikah, ada pembagian waktu yang perlu disesuaikan juga dengan kebutuhan suami dan keluarga. Kalau sebelumnya kita bisa bebas pergi ke kafe tiap akhir pekan bersama teman atau sahabat, kini mungkin perlu disesuaikan lagi. Ada prioratas baru dalam rumah tangga, ada cara baru dalam mengatur waktu.

4. Perubahan dalam Menyampaikan Perasaan

Komunikasi yang baik menjadi kunci penting keharmonisan pernikahan. Setelah menikah, kita perlu lebih jujur dan terbuka dalam berkomunikasi. Hal ini juga berkaitan dalam menyampaikan perasaan. Pasangan kita bukan cenayang yang bisa membaca pikiran kita. Maka, dalam cara menyampaikan isi hati pun perlu lebih terbuka lagi. Ini mungkin akan jadi proses pembelajaran yang panjang, tapi penting untuk dilakukan sepanjang pernikahan.

5. Perubahan Kebiasaan Harian

Kebiasaan kita dan kebiasaan pasangan akan saling memengaruhi satu sama lain. Hal-hal yang tadinya tak pernah kita lakukan bisa kita lakukan karena mengikuti pasangan. Misalnya, karena pasangan terbiasa olahraga rutin dan melihatnya selalu tampak bugar, kita bisa termotivasi untuk ikut berolahraga bersamanya. Kebiasaan harian kita setelah menikah mungkin akan sangat berbeda dari kebiasaan kita sebelum menikah. 

Kalau menurut pengalaman atau sudut pandang Sahabat Fimela sendiri, apa perubahan hidup yang paling terasa saat sudah menikah? Apakah termasuk perubahan-perubahan yang disebutkan di atas?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading