Sukses

Relationship

Menurut Penelitian, Ini Manfaat Pelukan pada Tubuh dan Tingkat Awet Mudamu

Fimela.com, Jakarta Pelukan merupakan salah satu bahasa tubuh yang menunjukkan cinta dan kasih sayang. Bagi pasangan, pelukan rutin tiap harinya perlu dilakukan karena ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan. Meskipun mungkin tidak semua pasangan terbiasa mengungkapkan cinta dengan pelukan, tetapi belum terlambat untuk mulai membiasakan berpelukan tiap harinya.

Sudah ada banyak riset yang membuktikan manfaat pelukan. Mengutip buku Happiness Inside, di Kansas, Amerika Serikat, Dr. Harold Volth, seorang psikiater senior, telah melakukan riset dengan beberapa ratus orang. Hasilnya pun sangat menarik.

Berdasarkan riset tersebut, mereka yang berpelukan mampu mengusir Depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, awet muda, tidur lebih nyenyak, dan lebih sehat. Kita tahu bahwa kulit adalah organ tubuh yang paling besar. Ada begitu banyak kelenjar-kelenjar di bawah kulit yang aktif dan mengeluarkan hormon kekebalan jika disentuh.

Untuk Bahagia dan Awet Muda, Perlu 12 Pelukan per Hari

Pelukan bisa merangsang oksitosin (hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian) keluar. Selain itu, pelukan juga bisa menekan kortisol dan hormon pemicu stres. Sehingga, pelukan bisa menghadirkan kenyamanan dan baik untuk jantung serta pikiran.

Pelukan juga bisa bikin awet muda. Menurut Virginia Satir, seorang terapis keluarga, kita butuh empat pelukan sehari untuk bertahan hidup. Lalu untuk kesehatan, butuh delapan pelukan per hari. Sementara untuk pertumbuhan, awet muda, dan kebahagiaan, perlu 12 pelukan per hari. 

Kalau ingin lebih bahagia dan makin awet muda, maka berpelukan bisa mulai lebih dirutinkan lagi. Bahkan berpelukan selama 20 detik pun memberi manfaat yang sangat positif.

Karen Grewen dari Universitas North Carolina di Chapel Hill, jika pasangan berpegangan tangan dan berpelukan selama 20 detik sebelum meninggalkan rumah di pagi hari, indeks stres mereka hanya separuh dari pasangan yang tidak pernah melakukannya. Apa artinya? Artinya pelukan singkat tapi hangat bersama orang yang kita cintai memberi lapisan perlindungan yang menjaga kita dari stres yang kita hadapi setiap hari.

Jadi, sudahkah memeluka orang terkasih hari ini? Semoga setiap pelukan yang hadir bisa makin menguatkan cinta dan kasih sayang yang ada, ya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menciptakan Hubungan yang Hangat, Ini Kunci Pentingnya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Rasa Insecure saat Memulai Hubungan Baru