Sukses

Relationship

4 Cara Mengatasi Rasa Insecure dalam Hubungan Cinta

Fimela.com, Jakarta Siapa pun pasti pernah merasa insecure dalam hubungan cinta, takut diselingkuhi, cemburu buta, suka curiga, bahkan merasa tidak cantik dan tidak dicintai. Rasa insecure ini bukan hanya bisa membunuh rasa cinta tapi juga hubungan cinta yang sudah dibangun lama. Oleh karena itu, jika kamu mengalaminya, sebaiknya ketahui pula cara mengatasi rasa insecure agar hubungan cinta bisa bertahan.

1. Ciptakan lebih banyak pengalaman positif

Tidak ada cara lebih baik untuk mengatasi kecemasan atau insecurity dalam hubungan cinta selain menambah waktu kebersamaan yang berkualitas. Lakukan kegiatan yang bisa menguatkan ikatan cinta, entah itu liburan berdua saja, melakukan sentuhan fisik atau gesture kasih sayang seperti mencium pipi, kening atau memeluk, atau melakukan hobi bersama.

2. Kurangi kebiasaan 'putus nyambung'

Ini berkaitan erat sekali dengan kelabilan emosional seseorang. Selama kamu belum merasa tenang dengan dirimu sendiri, sulit untuk menjalani hubungan cinta yang stabil. Sebisa mungkin kurangi kebiasaan bertengkar dan baikan dalam waktu yang dekat. Hubungan putus nyambung menandakan kurangnya komitmen, rasa percaya dan kenyamanan ditinggal sendirian.

3. Meningkatkan self-esteem

Tingkatkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Sebelum kamu bisa memprioritaskan diri sendiri (bukan berarti egois), kamu tidak akan bisa menjalani hubungan cinta dengan penuh ketulusan dan kenyamanan hati. Karena kamu merasa dirimu 'kurang dan tidak layak', secara alami itu akan menarik lebih banyak pikiran negatif terhaap pasangan dan hubungan cintamu secara keseluruhan.

4. Komunikasi Terbuka

Bangun komunikasi secara jujur dan terbuka dengan pasangan. Ungkapkan kecemasanmu dan apa pemicu rasa cemas tersebut. Daripada menduga-duga, menaruh curiga dan tak bisa tidur karena kepikiran, ungkapkan ketakutan dan kekhawatiranmu. Ini juga menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah pasangan bisa menenangkan dan membantumu merasa lebih baik atau tidak. Pasangan yang baik akan melakukan yang terbaik agar kamu tidak merasa insecure.

Jadi, jika merasa insecure dalam hubungan cinta, pertimbangkan sekian cara di atas agar tak lagi merasa insecure dalam hubungan.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Ciri Perempuan Bermental Kuat dan Cerdas secara Emosional
Artikel Selanjutnya
Menghadapi Bodyshaming Semasa Kecil, Ini Caraku Lebih Percaya Diri saat Dewasa