Sukses

Relationship

5 Tanda Kamu Mengalami Krisis Identitas dalam Suatu Hubungan

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang menjalani komitmen dengan seseorang tentu sebagai seorang pasangan, dirimu akan memberikan segelanya untuk kekasihmu. Beberapa orang berupaya untuk memberikan sebagian besar waktu, perhatian dan bahkan termasuk materi untuk kekasihnya.

Namun, beberapa orang juga mulai sulit menyadari bahwa mereka sebenarnya mengalami perubahan pada diri mereka. Dalam sebuah hubungan, batasan sangat penting untuk diri sendiri. Karena terlalu fokus dengan hubungan, pada akhirnya mereka lupa akan indentitas diri mereka sendiri. Faktanya, ada beberapa tanda jika seseorang mengalami krisis identitas saat menjalin hubungan asmara. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terlalu Menyenangkan Pasangan Sepanjang Waktu

Jika kamu merasa bahwa dalam hubunganmu saat ini, kamu terus berusaha menyenangkan pasangan dan menenangkannya, maka ini tanda utama bahwa kamu mungkin mengalami krisis identitas. Keinginan untuk menjadi sempurna bagi pasangan sering kali membuatmu terkuras, dan membuatmu merasa tidak ingin terjadi kesalahan dalam melakukan apa pun. Ketakutan ini, tekanan mengkhawatirkan sesuatu yang tidak perlu ada dalam suatu hubungan seharusnya tidak pernah ada.

2. Mulai Mempertanyakan Perasaanmu Sendiri

Merasa terkuras dan seolah-olah perasaanmu tidak penting dalam hubungan ini? Kamu tahu apa yang benar-benar perlu kamu lakukan. Berada dalam suatu hubungan di mana kamu tidak dapat merasa nyaman, mempertanyakan apakah kamu berada dalam hubungan yang benar atau tidak, adalah tanda-tanda bahwa kamu kehilangan identitas diri dalam suatu hubungan.

3. Minat dan Prioritasmu Adalah Tentang Pasangan

Setiap individu memiliki hobi dan minatnya masing-masing. Ini adalah ruang, waktu dan individualitasmu. Namun, jika itu berubah secara drastis, maka ada sesuatu yang benar-benar salah. Beberapa penyesuaian memang bagus, tetapi jika kamu hanya melakukan apa yang dia suka, mainkan, dan lakukan, dan hobi kamu tidak dipertimbangkan, maka kamu telah melepaskan individualitasmu.

4. Tidak dapat Mengekspresikan Diri

Dalam sebuah hubungan, kenyamanan pertama adalah kamu bisa menjadi diri sendiri, mengekspresikan diri secara bebas kepada satu orang itu. Jika kamu harus terlalu berbasa-basi, menekan pendapat dan pikiranmu agar tidak menyinggung pasanganmu, lalu apa gunanya bersama kekasihmu saat ini? Konsep pengambilan keputusan bersama sangat penting. Bahkan jika kamu tidak pandai dalam hal tertentu, tetapi kamu memiliki ide, maka kamu harus merasa bebas untuk mengungkapkannya.

5. Kurang Berkompromi

Kita semua harus membuat pengorbanan tertentu tetapi dalam suatu hubungan kamu tidak boleh menjadi satu-satunya yang melakukannya. Berkompromi adalah bagian tak terpisahkan dalam hubungan tetapi jika hanya kamu yang melakukannya itu sama sekali tidak adil. Hanya untuk menyenangkan pasanganmu, kehilangan diri sendiri, apakah itu benar-benar layak?

Well, itulah beberapa tanda jika kamu mungkin mengalami krisis identitas atau kehilangan identitas diri sendiri dalam suatu hubungan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading