Sukses

Relationship

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Momen pernikahan yang diawali dengan momen pertunangan merupakan acara yang sangat sakral bagi siapa saja. Mengenai momen pernikahan dan pertunangan, satu hal yang tak terlupakan adalah pemberian cincin ke pasangan. 

Cincin dalam pertunangan maupun pernikahan adalah simbol keterikatan seseorang pada pasangannya. Bicara soal cincin, melansir dari laman diamonds.pro cincin pertunangan dan pernikahan adalah kedua hal yang serupa namun tak sama. Apa yang membuatnya berbeda?

Perbedaan Cincin Pertunangan dan Pernikahan

Cincin Tunangan

Cincin tunangan biasanya diberikan pihak pria ke pihak perempuan. Ini menandakan bahwa si pria mengajak si perempuan melangkah ke hubungan yang lebih seirus yakni hubungan pernikahan. Di pihak pria, cincin tunangan sebagai tanda bahwa ia telah menandai pasangannya telah diikat dalam hubungan yang serius menuju ke pernikahan. Di pihak perempuan cincin tunangan menandakan bahwa ia telah memantapkan hati pada seorang pria yang akan menjadi suaminya dalam waktu dekat. 

Cincin tunangan akan diberikan pria ke pasangannya sebelum menikah atau saat momen lamaran. Untuk cincin tunangan biasanya akan dipakai di jari manis tangan sebelah kiri dan jumlahnya hanya satu yakni untuk pihak perempuan saja. Cincin tunangan umumnya terbuat dari material logam mulia dengan desain yang lebih mewah dan dihiasi dengan batu pertama atau mutiara. Mengenai material cincin tunangan sebenarnya bisa tergantung keinginan pasangan atau pihak pria saja. 

Cincin Pernikahan

Berbeda dengan cincin tunangan yang dipakai sebelum acara resmi pernikahan, cincin pernikahan akan dipakai di hari H pernikahan. Cincin pernikahan terdiri dari dua buah yakni untuk si pria maupun perempuan. Dibandingkan dengan cincin tunangan yang cenderung lebih mewah, cincin pernikahan biasanya didesain lebih sederhana dan saling kombinasi untuk pria maupun perempuan. 

Karena dipakai oleh dua orang yang berpasangan, cincin pernikahan menandakan bahwa kedua orang tersebut telah menjalin keterikatan satu sama lain. Cincin pernikahan biasanya juga dipakai sebagai mas kawin saat menikah. Itulah perbedaan cincin tunangan dan cincin pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading