Sukses

Relationship

Perhatikan Sekitarmu! Ini 6 Tanda Kamu Berhubungan dengan Orang yang Manipulatif

Fimela.com, Jakarta Manipulatif adalah salah satu negative traits seseorang yang harus dihindari. Jika seseorang dalam lingkungan mu adalah orang yang manipulatif, ada baiknya kamu menghindari interaksi dengan orang tersebut. Sifat manipulatif sendiri merupakan negative traits bukan tanpa sebab.

Orang yang manipulatif cenderung akan memengaruhi orang lain dan membuat mereka merasa bersalah dan inferior. Berikut adalah tanda-tanda seseorang di lingkungan sosial mu adalah orang yang manipulatif!

Tanda Kamu Berhubungan Dengan Orang yang Manipulatif

1. Kamu merasa bersalah atas segala sesuatu

Saat berhubungan dengan orang yang manipulatif, mereka cenderung akan membuat dirinya merasa benar dan melipahkan kesalahannya pada orang lain. Mereka seringkali memutarbalikkan fakta dan kata-kata untuk membuat dirinya terlihat benar dan superior. Bahkan tak jarang mereka akan membawa pihak ketiga dalam sebuah konflik dan menunjukkan pada pihak tersebut bahwa mereka adalah pihak yang benar dan kamu adalah pihak yang salah untuk mengukuhkan posisi siapa yang benar dan salah.

2. Kamu seringkali merasa dihakimi

Tanda selanjutnya adalah kamu seringkali merasa dihakimi. Hal tersebut terjadi karena pada umumnya, orang yang manipulatif akan terus mendikte kamu tentang berbagai hal. Mereka akan membuatmu merasa bahwa mereka mengetahui segala hal lebih baik dari dirimu dan kamu lah yang dituntut untuk terus bekerja keras agar mampu setara dengan mereka. Orang yang manipulatif juga tidak pernah memberikan saran yang membangung, seringkali mereka menyampaikan saran dengan cara merendahkan.

3. Kamu merasa bersalah dan tidak berhak membuat keputusan

Orang yang manipulatif memiliki kecenderungan membuat dirinya terlihat sebagai korban di berbagai situasi. Kamu seringkali melakukan berbagai hal untuk mereka karena merasa bersalah. Jika kamu menolak, mereka akan akan mengatakan berbagai alasan untuk memvalidasi perilaku mereka.

4. Kamu meragukan diri sendiri

Saat berhubungan dengan orang yang manipulatif, tidak jarang mereka akan melakukan gaslighting. Gaslighting sendiri merujuk pada sebuah perilaku manipulatif yang akan membuat mu mempertanyakan berbagai hal mengenai dirimu sendiri. Mereka akan terus membuat mu merasa bersalah, sehingga kamu akan terus mempertanyakan dirimu sendiri di berbagai kondisi. Bahkan, dalam kasus yang ekstrem, korban gaslighting akan mempertanyakan kondisi mental nya karena merasa ada yang salah dengan diri mereka.

5. Kamu terus dibandingkan dengan orang lain

Taktik lain yang digunakan oleh orang yang manipulatif untuk memengaruhi mu adalah membuatmu merasa inferior dibandingkan orang lain. Mereka akan terus membandingkan dirimu dengan orang lain agar kamu mempertanyakan dan meragukan nilai dan kualitas dari dirimu sendiri. Mereka akan membuat orang lain terlihat jauh lebih baik dari dirimu.

6. Kamu merasa terperangkap

Seseorang yang manipulatif memiliki cara agar kamu terus kembali kepadanya apapun yang terjadi. Mereka akan terus membuatmu merasa butuh mereka, tetapi disaat yang sama mereka juga perlahan-lahan menghancurkanmu.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading