Sukses

Relationship

6 Tanda Kamu Berada Dalam Fase Mati Rasa

Fimela.com, Jakarta Merasa mati rasa dapat menjadi indikasi gangguan mental, salah satunya depresi. Tetapi bukan berarti setiap orang yang sedang berada pada fase mati rasa mengidap depresi. Fase mati rasa bisa terjadi karena berbagai hal, seperti efek samping obat, terlalu sering memendam emosi, dan lain-lain. Berikut adalah 6 tanda kamu berada pada fase mati rasa.

1. Kamu merasa hidup dalam mode ‘autopilot’

Hidup dalam mode ‘autopilot’ berarti kamu merasa bahwa hidupmu monoton. Tidak ada perubahan yang terjadi secara signifikan, sehingga kamu tidak merasakan adanya emosi-emosi tertentu saat menjalani hari-hari mu.

2. Kamu tidak menikmati kegiatan yang menyenangkan

Saat kamu merayakan hari-hari bahagia atau berada dalam kegiatan yang menyenangkan, kamu kerap kali merasa bahwa emosi mu tidak setinggi orang-orang disekitarmu. Oleh karena itu, saat berada di hari-hari atau kegiatan tersebut, kamu tidak mengetahui bagaimana harus bereaksi.

3. Emosi mu didominasi oleh amarah

Saat kamu merasa mati rasa selama berhari-hari, kamu akan mulai merasa terganggu oleh hal-hal kecil. Emosi yang selama ini terpendam secara sadar maupun tidak sadar lama kelamaan akan terus menumpuk dan membentuk reaksi yang kuat saat dilampiaskan. Oleh karena itu, saat berada pada fase mati rasa, hanya ada dua emosi kuat yang mendominasi, yaitu mati rasa dan amarah.

4. Emosi mu dipengaruhi oleh kisah fiksi

Mati rasa bukan berarti kamu tidak merasakan perasaan atau emosi apapun. Kamu tetap bisa merakan perasaan atau emosi tertentu, tapi pada umumnya, perasaan atau emosi tersebut muncul karena dipicu oleh kisah fiksi yang tengah kamu baca atau tonton. Sehingga, perasaan atau emosi tersebut bersifat semu dan sementara.

5. Emotional Blunting

Emotional blunting adalah salah satu istilah yang merujuk pada terbatasnya emosi dan perasaan yang mampu kita rasakan sebagai efek samping dari penggunaan obat antidepresan. Menurut penelitian dari Universitas Oxford, 46-71% dari pengguna obat antidepresan mengalami fase mati rasa sebagai efek samping dari penggunaan obat tersebut.

6. Kamu sulit berempati dengan orang lain

Saat kamu merasa mati rasa, selain sulit untuk memahami perasaan dan emosi diri sendiri, kamu juga mengalami kesulitan untuk memahami perasaan dan emosi orang lain. Kamu seringkali tidak tahu harus bereaksi seperti apa atau berpura-pura memberikan reaksi tertentu walaupun hal tersebut kurang nyaman untuk dilakukan.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading