Sukses

Relationship

Untuk Menghindari Perselisihan, Ini 7 Tips Mengatasi Perbedaan Penghasilan dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Keuangan adalah masalah paling umum terjadi dalam setiap hubungan. Tentu, ketika tidak ada pembicaraan dan pengelolaan keuangan dengan tepat, hal ini dapat menghancurkan hubungan. Membicarakan keuangan bersama pasangan baik sebelum dan sesudah menikah memang penting dan perlu dilakukan.

Hampir tidak dapat dihindari bahwa kamu dan pasangan mungkin tidak memiliki pendapatan yang sama. Tentu ini juga akan menjadi permasalahan dalam hubungan jika tidak dibicarakan dengan baik-baik. Jika perbedaan pendapat dapat menjadi masalah dalam hubunganmu, tentu ada cara untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memberikan Beberapa Persen Pendapatan untuk Kebutuhan Bersama

Mengingat perbedaan gaji, kemungkinan akan sulit bagimu dan pasangan untuk membagi jumlah uang yang sama untuk pengeluaran bersama. Sebagai gantinya, tetapkan persentase pendapatanmu untuk membantu memenuhi kebutuhan bersama.

2. Introspeksi Diri dan Bicara Tentang Ini

Apakah Sahabat Fimela berpenghasilan tinggi atau berpenghasilan rendah dalam hubungan, kamu mungkin memiliki perasaan tentang kesenjangan pendapatan antara kamu dan pasangan. Sangat direkomendasikan untuk meluangkan waktu untuk memilah dan milih pikiranmu, karena ini akan membantumu menghindari asalah di kemudian hari dan menghasilkan solusi yang lebih baik.

Jujurlah tentang segala kecemasan dan ketidaknyamananmu tentang masalah ini kepada suamimu. Membicarakan emosimu secara terbuka tentang masalah ini akan membuat kalian berdua berada pada tujuan yang sama, sehingga kamu dan pasangan dapat bergerak maju bersama.

3. Hindari Berasumsi

Kamu mungkin berpikir dirimu tahu mengapa pasanganmu merasa tidak nyaman dengan ketidaksetaraan pendapatan dalam hubungan, tetapi kamu bisa saja salah total. Untuk menghindari membuat asumsi maka, kamu dapat berbicara secara terbuka tentang masalah ini sebagai gantinya.

4. Pertimbangkan Perjanjian Pranikah atau Pasca Nikah

Finansial menjadi masalah serius dalam setiap hubunga, hal ini dapat membebani salah satu dari kalian. Membuat perjanjian pranikah atau pascanikah dapat membantumu mengatasi beban ini. Ini dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kerjasama dengan meyakinkan kedua belah pihak bahwa mereka akan saling melindungi.

5. Mendiskusikan Nilai Uang

Menjelaskan keyakinan dan pendapatmu tentang uang kepada pasangan sangat penting, sehingga kamu dapat lebih memahami dan mendukung satu sama lain. Tentukan juga seperti apa tujuan keuangan masing-masing di masa depan.

6. Buat Anggaran

Ini mungkin tidak terdengar seperti tugas yang paling romantis, tetapi duduk bersama dan membuat anggaran bersama dapat membuat kalian jauh dari masalah keuangan yang serius. Ini mendorong komunikasi dengan membuat kedua pasangan setuju tentang bagaimana uang akan dibelanjakan. Sistem penganggaran yang kuat akan mengklarifikasi kekhawatiran apa pun tentang kemana perginya uang tersebut dan berapa banya pendapatan bebas yang bisa dinikmati setiap orang.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat membantumu mengatasi perbedaan pendapat dengan pasangan.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading