Sukses

Relationship

7 Cara Menjemput Jodoh Terbaik dan Terindah Menurut Pandangan Islam

Fimela.com, Jakarta Jodoh perlu dijemput. Jodoh perlu diusahakan. Di antara kita mungkin ada yang sedang galau dan bingung soal jodoh. Ingin segera menemukan jodoh tapi setelah dinanti sekian lama jodoh tak kunjung datang.

BACA JUGA: Nabi Musa Perihal Jodoh dan Rezeki, Dalil dan Kisahnya

Di sini kita perlu lebih keras lagi dalam mengupayakan dan mengusahakan jodoh. Secara umum, ada tujuh cara yang bisa dicoba untuk menjemput jodoh menurut pandangan Islam. Selengkapnya, simak uraian yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Memperbanyak Doa kepada Allah SWT

Quraish Shihab dalam video bertajuk "Tanda-Tanda Jodoh Sudah Dekat" di kanal Youtube Najwa Shihab mengutarkan bahwa salah satu cara paling mudah menjemput jodoh adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

“Ya Allah semoga apa yang saya kehendaki kamu restui. Jadi usaha mencari jodoh, jangan tidak usaha. Siapa tahu Allah menetapkan bahwa orang ini akan diberi jodoh kalau dia berusaha,” papar beliau. Lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa jodoh seperti rezeki yang perlu diusahakan. Memperbanyak doa menjadi langkah awal yang sangat penting dalam usaha menjemput jodoh terbaik.

2. Memohon Ampunan

Dosa bisa menjadi salah satu penghambat datangnya jodoh. Sebab saat kita penuh dosa, kita makin jauh dari Allah. Padahal untuk bisa bertemu jodoh di waktu yang paling tepat, kita perlu semakin dekat dengan Allah. Maka dari itu, perbanyak mohon ampunan kepada Allah SWT. Yakinlah rahmat-Nya tanpa batas dan pasti mengampuni dosa kita selama kita kembali bersujud kepada-Nya.

3. Fokus Memperbaiki Diri

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga),” (QS. [24]: 26).

Memperbanyak doa perlu diiringi dengan usaha lebih fokus dalam memperbaiki diri. Memperbaiki diri dengan memperbanyak ibadah, beramal salih, berbuat baik kepada orang, dan sebagainya, dengan izin Allah SWT, dapat membuat kita makin didekatkan dengan jodoh terbaik kita. Untuk mendapat jodoh yang baik, alangkah bijaknya kita pun berupaya untuk menjadi pribadi yang baik juga.

 

4. Lebih Rajin Bersedekah

Mengutip laman Liputan6.com tentang "4 Cara Menjemput Jodoh Menurut Pandangan Islam", rajin bersedekah bisa menjadi upaya untuk menjemput jodoh. Sebab salah satu keutamaan bersedekah adalah mempercepat terkabulanya doa mendapatkan jodoh.

5. Memperbanyak Ibadah Sunnah

Selain menunaikan ibadah wajib, kita juga bisa memperbanyak ibadah sunnah. Ini menjadi salah satu bentuk upaya kita untuk makin dekat dengan Allah SWT. Ibadah sunnah seperti salat tahajud, salat dhuha, puasa sunnah, dan tilawah Al Quran. Melansir laman Islam Pos, melakukan ibadah sunnah secara rutin bisa membuat iman kita bertambah dan doa kita bisa makin dikabulkan oleh Allah SWT.

6. Meningkatkan Upaya Saling Mengenal

Pernah dengar istilah taaruf? Mengutip buku Kosakata Keagamaan, kata "taaruf" terserap dari bahasa Arab yang bersumber dari kata 'arafa dalam arti mengetahui/mengenal. Al-Quran menggunakan kata tersebut dalam konteks penciptaan manusia, lelaki dan perempuan, bersuku-suku, berpuak-puak dan berbangsa-bangsa uang tujuannya menurut ayat 13 surah Al-Hujurat (49) agar mereka bertaaruf yakni saling mengenal.

Dijelskan lebih lanjut bahwa dalam masa kini, membenarkan bagi jejaka dan gadis dalam konteks taaruf untuk berbicara dengan sopan serta duduk bersama dalam satu tempat yang dihadiri oleh siapa yang dapat diduga keras menghalangi terjadinya pelanggaran agama dan budaya.

 

 

7. Serahkan Semua pada Allah SWT

Yakin saja bahwa jodoh pasti akan datang di waktu yang paling tepat. Ketika sudah mengerahkan berbagai upaya di atas tapi masih belum merasa menemukan jodoh yang tepat, tetaplah yakin bahwa Allah selalu punya rencana terindah untuk kita semua. Yang penting kita tak berputus asa dalam berdoa dan berusaha.

Bagi yang saat ini sedang berusaha menemukan dan mendapatkan jodoh, semoga makin kuat dan sabar dalam berdoa dan berusaha, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading