Sukses

Relationship

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Gampang Cemburuan

Fimela.com, Jakarta Kecemburuan adalah hal yang umum terjadi, tidak hanya dalam dunia professional, kecemburuan juga bisa tumbuh dalam hubungan romantis. Meski demikian, kecemburuan juga memiliki kadarnya, lho. Jika berlebihan, tentu saja bisa mengancam keharmonisan hubunganmu.

Ada alasan mengapa seseorang merasa cemburu. Pertama, mereka bisa saja memergoki pasangan mereka selingkuh, yang mengakibatkan masalah kepercayaan. Pengalaman seperti itu menyakitkan dan traumatis, sehingga tidak mudah bagi individu tersebut untuk mengendalikan kecemburuan. Kedua, seseorang mungkin memiliki harga diri yang rendah, yang menyebabkan rasa tidak aman. Atau, ketiga, orang tersebut memiliki gangguan perilaku yang membuat mereka sangat posesif dan paranoid.

Kecemburuan itu tidak sehat, dan bersama orang yang cemburu itu beracun. Oleh karena itu, orang yang cemburu harus menyadari masalah mereka dan rela mengubah perilaku mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantumu menghadapi pasangan yang mudah cemburuan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Evaluasi Alasan Mengapa Dia Cemburu

Langkah pertama yang perlu Sahabat Fimela lakukan adalah mencari tahu penyebab kecemburuan pacarmu. Kemudian, kamu dapat berbicara dengannya secara pribadi, menanyakan mengapa dia berperilaku seperti itu. Pada awalnya, dia mungkin ragu untuk mengungkapkannya, tetapi dia akan bersedia menyelesaikan masalahnya ini tanda dia benar-benar mencintaimu. Kamu juga dapat mencoba berbicara dengan keluarga dan teman-temannya. Mungkin mereka tahu sesuatu tentang masa lalunya atau alasan tindakannya sekarang.

Tentu saja, kamu juga harus mengevaluasi diri sendiri. Kamu harus menghadapi kemungkinan bahwa kamu bisa melakukan sesuatu yang membuat pacarmu merasa tidak aman. Jika ini masalahnya, kamu harus meminta maaf dan bersedia untuk berubah juga.

2. Tetapkan Batas dalam Persahabatan dengan Teman Lawan Jenis

Apakah kamu memiliki pasangan yang cemburu atau tidak, kamu harus tahu batasanmu dalam bersosialisasi dengan lawan jenis. Singkatnya, kamu harus berhati-hati untuk tidak terlalu nyaman dengan pria lain, yang dapat menyebabkan godaan atau keterikatan emosional yang lebih dalam.

Setiap orang akan cemburu jika pasangannya lebih dekat dengan orang lain. Semua orang ingin menjadi orang yang paling intim dengan pasangannya. Jika mereka merasa bahwa pasangannya memberikan perhatian, waktu, dan kepercayaan lebih kepada orang lain, mereka akan merasa tidak aman dalam hubungan mereka.

3. Saling Jujur dan Transparan

Salah satu rahasia hubungan yang harmonis adalah transparansi. Kamu dan pasangan dapat berkompromi dan menetapkan aturan, termasuk transparansi dengan aktivitas, keberadaan, dan temanmu. Namun, demikian, hal itu dapat membantu meredakan kecemasan yang dirasakan pacarmu.

Kejujuran juga merupakan elemen penting dalam hubungan yang sehat. Terkadang, ketidakpercayaan dan kecurigaan dipicu oleh kebohongan. Jika pacarmu mengetahui dirimu berbohong kepadanya beberapa kali, kamu tidak bisa menyalahkannya karena menganggap kamu mampu selingkuh.

4. Bicaralah Jujur Tentang Perasaanmu

Pacarmu mungkin tidak menyadari bahwa dia sudah beracun. Biarkan dia menyadari bagaimana perilakunya memengaruhimu secara negatif. Jujurlah padanya tentang apa yang kamu rasakan. Jika dia mencintaimu, dia akan mendengarkan dan melakukan yang terbaik untuk berubah.

5. Bantu Dia Memahami dan Mengatasi Rasa Tidak Aman

Jika pacarmu memiliki harga diri yang rendah, tidak mengherankan jika ia memiliki banyak rasa tidak aman. Orang yang merasa tidak aman kebanyakan cemburu karena mereka pikir pasangan mereka dapat menemukan seseorang yang lebih baik daripada mereka. Jika ini masalahnya, buka apa yang kamu amati dan yakinkan dia bahwa kamu bersedia membantu.

 Well, sebaiknya bicarakan permasalahan ini dengan pasangannya, ya. Dan identifikasi terlebih dahulu apa penyebab munculnya rasa cemburu dari pasanganmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading