Sukses

Relationship

4 Tips Mengatasi Masalah Keuangan Bersama Pasangan

Fimela.com, Jakarta Dalam hubungan pernikahan, membahas tentang keuangan penting untuk dilakukan. Ketika sepasang kekasih tidak ada keterbukaan masalah keuangan mereka, maka ini akan menjadi sumber masalah dalam hubungan mereka.

Uang menjadi masalah paling umum sebagai sumber dari masalah hubungan. Nah, untuk menghindari munculnya masalah serius, kamu dan pasangan harus memiliki tujuan keuangan yang sama. Lalu bagaimana cara memulai dan melakukannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berdiskusi

Agar dua orang dapat membangun kehidupan bersama, mereka perlu mendiskusikan siapa yang akan menjadi pencari nafkah, bagaimana mereka akan menanggapi situasi darurat dan detail lain apa pun yang berkontribusi pada stabilitas keuangan.

Gagal membahas salah satu topik ini akan menyebabkan masalah lebih lanjut bagi pasangan. Sangat mudah bagi orang untuk tidak ingin memikirkan uang dan berharap semuanya berjalan lancar, tetapi meluangkan waktu untuk membicarakan rencana dan tujuanmu dengan pasangan akan membantu kalian berdua merasa lebih percaya diri dan aman di masa depan bersama.

2. Putuskan Bagiaman Mengelola Keuangan

Dalam pasangan, dua pasangan setuju untuk berbagi cinta dan kehidupan satu sama lain. Dalam jenis hubungan ini, kedua pasangan perlu mendiskusikan perincian dasar seperti siapa yang bertanggung jawab untuk membayar biaya hidup seperti sewa, makanan, dan asuransi. Untuk menangani keuangan bersama, jangan pernah berasumsi bahwa kamu berada di halaman yang sama tanpa membicarakan semuanya.

3. Hindari Pertengkaran Tentang Uang

Hindari pertengkaran tentang uang pertengkaran demi uang lebih sering menjadi alasan mengapa banyak hubungan cinta hancur. Lantas, bagaimana cara menangani keuangan bersama? Pasangan yang tidak pernah berbicara satu sama lain tentang sesuatu yang penting seperti uang akan menemukan diri mereka menyerang kesalahpahaman, berbicara dari ketidakamanan keuangan mereka sendiri, dan berdebat karena ketidakpastian tentang masa depan.

Meskipun membicarakan topik keuangan tidak selalu merupakan keputusan yang mudah untuk dibuat, itu mungkin hal yang menyelamatkan hubungan. Bicarakan tentang keuangan ketika kalian berdua dalam suasana hati yang baik dan jangan membuat tuduhan.

4. Membangun Masa Depan yang Lebih Baik Bersama

Berbicara tentang uang memudahkan pasangan untuk saling jujur. Bagaimana seharusnya pasangan yang sudah menikah menangani keuangan? Alih-alih menyembunyikan sesuatu seperti penghasilan tambahan atau tumpukan kartu kredit atau utang, pasangan yang memiliki keuangan berbicara satu sama lain dapat bersikap transparan tentang apa pun dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang.

Sebelum masalah keuangan merusak hubunganmu, ada baiknya untuk membicarakannya sebelum menikah. Jangan ragu untuk membahasnya bersama pasangan, karena dengan memiliki tujuan keuangan yang jelas bersama akan membuatmu lebih stabil secara finansial nantinya. 

#WomenforWomen

Loading