Sukses

Relationship

Studi: Ciuman dari Pasangan Bermanfaat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan pasangan untuk menunjukkan kasih sayangnya. Salah satu cara tersebut adalah sebuah ciuman. Ya, ciuman menjadi salah satu bentuk kontak fisik yang memiliki banyak arti atau makna. Ciuman juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang seseorang terhadap orang yang dicintai. 

Lewat ciuman yang tulus, seseorang akan merasa disayang dan dicintai oleh pasangannya. Lewat ciuman juga seseorang bisa merasa lebih damai, tenang dan bahagia. Melansir dari laman healthline.com, penelitian menemukan jika ciuman memberikan banyak manfaat buat kesehatan fisik pun psikis seseorang.

Manfaat Ciuman dengan Pasangan

Para ahli menyebutkan jika ciuman yang dilakukan bersama pasangan bermanfaat meredakan stres. Ciuman bibir atau sekedar mencium kening dinilai bermanfaat menimbulkan rasa bahagia, membakar kalori dalam tubuh, menyehatkan jantung, meredakan sakit kepala, membuat perasaan semakin tenang, mengencangkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan jika berciuman dengan pasangan mampu meningkatkan kekebalan tubuh perempuan terhadap penyakit. Terutama dalam hal menangkal Cytomegalovirus.

Ciuman Memberi Efek Relaksasi

Penelitian menemukan jika ciuman bisa memberi efek relaksasi terhadap seseorang. Ciuman yang tulus dan penuh cinta akan membantu melepaskan hormon dopamin dan oksitosin. Saat hormon ini dilepaskan, tubuh pun akan terasa semakin rileks. Pikiran juga akan semakin tenang dan bahagia. Dengan rileksnya tubuh dan bahagianya pikiran, ini bisa meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. 

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, penelitian dalam Journal of Behavioral Medicine menyebutkan jika ciuman mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Ciuman penuh cinta dari pasangan dikatakan sangat bermanfaat membantu meningkatkan kesehatanmu maupun pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading