Sukses

Relationship

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kandasnya Hubungan Jarak Jauh

Fimela.com, Jakarta Terpisah dimensi jarak dan waktu seringkali menjadi ujian terberat bagi pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh. Mempertahankan hubungan jarak jauh juga butuh upaya tersendiri sebab tantangan dan ujiannya juga tidak mudah.

Hubungan jarak jauh tentu saja punya peluang untuk bisa tetap kuat dan harmonis. Hanya saja memang ada sejumlah hal yang bisa memicu kandasnya sebuah hubungan jarak jauh. Umumnya lima hal ini bisa jadi penyebab kandasnya hubungan jarak jauh.

 

1. Rasa Curiga Berlebihan

Masalah-masalah sepele bisa mendadak jadi besar dan sulit dikendalikan karena tak ada rasa saling percaya satu sama lain. Rasa curiga berlebihan bisa meruntuhkan komitmen yang dibangun di awal hubungan. Padahal fondasi penting menjaga keharmonisan dan keutuhan hubungan saat menjalin hubungan jarak jauh adalah rasa saling percaya, bukan rasa curiga berlebihan.

2. Tak Bisa Saling Meluangkan Waktu

Kadang pasangan yang sehari-hari terlalu sibuk bekerja (workaholic) bisa kesulitan mengatur waktu untuk menjaga komunikasi saat menjalin hubungan jarak jauh. Bukan berarti setiap pasangan yang sama-sama sibuk bekerja bakal putus bila LDR. Hanya saja ketika sudah tidak ada keinginan atau kemauan untuk saling meluangkan waktu untuk sekadar bertanya kabar, keharmonisan hubungan bisa luntur.

 

3. Terlalu Mudah Cemburu

Makin jarang bertatap muka langsung saat menjalin hubungan jarak jauh, berbagai presepsi dan prasangka bisa makin sulit untuk dikendalikan. Cemburu bisa jadi tanda cinta. Namun, jika rasa cemburnya berlebihan dan malah sering saling curiga satu sama lain, maka hal itu bisa jadi "racun" dalam hubungan dan membuat hubungan sulit dipertahankan.

4. Tak Ada Tujuan yang Ingin Dicapai Bersama

Saat sudah tidak ada lagi tujuan yang ingin dicapai bersama, hubungan jarak jauh bisa kandas di tengah jalan. Ada rasa hambar dan hampa yang terasa. Bahkan komunikasi jadi tidak menghadirkan rasa senang atau tenang. Ketika sudah tidak ada lagi kesamaan tujuan, hubungan jarak jauh rasanya makin berat untuk dipertahankan.

 

 

5. Ego yang Terlalu tinggi

Menjalin hubungan jarak jauh memang tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak cobaan dan masalah yang dihadapi, seperti soal ego masing-masing. Tak bisa mengatur dan mengelola ego sendiri bisa membuat hubungan jarak jauh kandas di tengah jalan. Padahal kemampuan untuk mengatur ego dan meningkatkan rasa peduli terhadap satu sama lain sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan hubungan.

Bagi yang saat ini menjalin hubungan jarak jauh, semoga apa pun yang ingin dicapai bisa didapatkan ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading