Sukses

Relationship

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memberi Kesempatan Kedua

Fimela.com, Jakarta Terkadang beberapa orang pantas diberi kesempatan kedua, sedangkan yang lainnya tidak. Dalam hubungan cinta, kesempatan kedua seringkali menjadi hal yang diperlukan atau justru tidak sama sekali. Apa kira-kira pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memberi pria kesempatan kedua? Coba baca sekian hal berikut ini.

1. Bisakah kamu memaafkan kesalahannya?

Seringkali cinta mengaburkan logika sehingga mudah membuatmu mengabaikan kesalahan yang sebenarnya sulit untuk dimaafkan. Mampu memaafkan sepenuhnya adalah syarat utama sebelum memberi kesempatan kedua. Memaafkan berarti kamu tidak akan lagi membahas kesalahannya. Ketika belum ikhlas memaafkannya, maka jangan dulu memberi kesempatan kedua.

2. Apakah ini yang sungguh kamu inginkan?

Pastikan keinginan ini berasal dari dalam hatimu sendiri, bukan karena paksaan, tekanan atau tuntutan dari pihak lain, entah mertua, teman, orangtua atau yang lainnya. Kembali bersama dan memberi kesempatan kedua harus datang dari hati, karena dengan begitu kamu bisa konsisten dengan keputusanmu dan tidak ada penyesalan di akhir.

3. Apa alasannya memberi kesempatan kedua?

Bagaimana pun ia sudah menyakiti hatimu dan mungkin juga telah mengkhianati kepercayaanmu, lalu apa alasanmu memberinya kesempatan lagi? Alasan yang kamu temukan haruslah kuat sehingga bisa menguatkan keputusanmu. Jangan hanya karena mengingat masa lalu yang indah maka kamu terjebak dengan keputusan yang salah.

4. Apakah situasi bisa kembali seperti semula?

Pertimbangkan pula apakah situasi bisa kembali seperti semula ketika kamu memutuskan memberinya kesempatan kedua. Tidak semua orang mudah berubah, tapi jika pasangan bisa dipercaya dan mampu berubah maka tak ada salahnya memberi kesempatan. Selalu diskusikan lebih dulu, apakah membangun hubungan hingga situasi kembali seperti semula adalah tujuan kalian berdua.

5. Bisakah kalian menghargai satu sama lain?

Penting sekali mengetahui apakah ia mampu menghargaimu setelah diberi kesempatan kedua. Jangan hanya karena kamu memberinya kesempatan kedua maka ia merasa menang dan bisa memanfaatkanmu lagi. Itu tanda dia tidak bisa menghargaimu dan keputusanmu. Pastikan ia tidak akan lagi melakukan hal sama kepadamu hanya karena sudah diberi kesempatan kedua.

6. Ketahui bahwa membangun kepercayaan tidak mudah

Katakanlah kamu sudah bisa memaafkanmu, menemukan alasan untuk memulai kembali dan keputusan tersebut berasal dari hatimu yang terdalam, tapi mampukah kalian membangun kepercayaan yang sama lagi seperti semula? Pasti akan selalu ada keraguan dari dalam hati orang yang tersakiti, jadi sebelum kamu benar-benar yakin bisa membangun kepercayaan yang sama seperti dulu, pikirkan lebih matang lagi.

Itu dia sekian hal yang harus dipertimbangkan sebelum memberi pasangan kesempatan kedua.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading