Sukses

Relationship

5 Cara Membangun Hubungan Harmonis dan Langgeng dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Memiliki hubungan yang harmonis menjadi tujuan hidup banyak orang. Ketika kita berbicara tentang hubungan yang harmonis, kita membayangkan hubungan yang meningkatkan kehidupan, saling menjaga, mendorong kita untuk berbuat lebih baik dan memungkinkan kita untuk hidup selaras dengan pasangan hidup kita.

Rasa harmoni ini menyebar ke semua hubungan interpersonal kita, memberi kita perasaan sejahtera dan damai. Tetapi banyak dari kita tidak tahu bagaimana membangun dan mempertahankan hubungan yang bersahabat. Nah, jika kamu masih bingung untuk membangun hubungan yang harmonis, beberapa tips berikut mungkin dapat membantumu. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Semua Dimulai dari Diri Sendiri

Kunci hubungan yang ramah dimulai dengan hidup harmonis dengan diri sendiri. Seperti kata pepatah, suka menarik suka. Ketika kita mencintai dan menghargai diri sendiri, kita tidak tahan dengan pasangan atau teman beracun yang berusaha menjatuhkan kita. Ketika kita mencintai diri sendiri, kita membangun ikatan dengan orang lain yang mencerminkan keyakinan kita bahwa kita layak.

2. Jadilah Orang yang Harmonis untuk Diri Sendiri

Daripada mencari seseorang untuk yang berusaha menyakitimu, mulailah dengan membuat kehidupan untuk diri sendiri yang sudah memuaskan. Lakukan apa yang membuatmu merasa baik. Berikan kepada diri sendiri apa yang ingin kamu terima dari orang lain, daripada mengelilingi diri dengan teman-teman untuk mengusir perasaan kesepian, belajarlah bagaimana menyendiri dengan bahagia. Kembangkan harmoni batinmu sendiri dan perhatikan apa yang menariknya ke dalam hidupmu.

3. Lepaskan Rasa Dendam

Singkirkan apa yang tidak membuatmu lebih tenang. Menyimpan kebencian dan luka lama tidak ada gunanya bagi siapa pun. Ini menghilangkan kekuatan energi positif dan menempati ruang emosional yang berharga di hatimu. Maafkan siapa pun yang menyebabkan kamu sakit di masa lalu.

Yoga dan meditasi adalah cara terbaik untuk belajar bagaimana melepaskan rasa sakit emosional yang tidak perlu. Setelah ini selesai, hatimu terbuka untuk hubungan yang damai.

4. Berkomunikasi Secara Terbuka dan Jujur

Komunikasi yang baik sangat penting untuk hubungan yang harmonis. Pelajari cara berkomunikasi dengan baik dari tempat kebaikan, rasa hormat, dan kasih sayang. Mengekspresikan kebutuhan dan keinginanmu dengan cara yang tidak konfrontatif membantu membangun keharmonisan dalam pasanganmu.

5. Belajarkan untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan

Mampu secara aktif mendengarkan pasangan dapat berkontribusi pada hubungan yang harmonis. Saat pasanganmu berbicara denganmu, singkirkan ponselmu, beri mereka perhatian penuh. Biarkan mereka berbicara tanpa interupsi. Agar komunikasi menjadi efektif dan bermakna, sangat penting bagimu untuk berkomunikasi dengan pasangan bahwa kamu benar-benar mendengar apa yang mereka katakan.

Menjaga komitmen hubungan jangka panjang tentunya perlu dilakukan oleh dua orang sebagai sepasang kekasih. Ketika beberapa hal untuk menjaga komitmen seperti harmonisasi tidak tercapai, maka hubungan akan lebih mudah berakhir. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading