Sukses

Relationship

3 Masalah yang Sering Terjadi dalam Hubungan Jarak Jauh

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, hubungan jarak jauh adalah hal yang sulit dilalui. Terhalang jarak dengan pasangan seringkali menimbulkan rasa khawatir yang besar. Banyak orang secara tidak sengaja membuat pasangan mereka tak nyaman saat kekhawatiran tumbuh.

Bagi pasangan yang menghabiskan waktu bersama secara langsung mengalami masalah dalam hubungan, mungkin lebih mudah untuk menindaklanjuti situasi dan menemukan solusi. Namun bagaimana dengan pasangan yang terhalang jarak atau yang biasa disebut LDR?

Masalah yang dihadapi pasangan long distance relationship beragam, beberapa yang umum terjadi seperti penjelasan di bawah ini.

Effort Tidak Seimbang

Ketika menjalin hubungan jarak jauh, komunikasi adalah kunci kelancaran hubungan. Media sosial merupakan jalan bagi lancarnya komunikasi yang terjalin. Menyedihkan rasanya bila pesan teks dan panggilan telfon selalu dimulai darimu. Hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran akan komitmen yang dimiliki pasangan. Bersikap terbukalah dengan pasangan akan jadwal dan kebutuhan komunikasi agar tidak ada salah paham. Pahami apa keinginan pasangan dan temukan jalan tengah dari keinginan satu sama lain. Dengan begitu, dirimu dan pasangan bisa melakukan yang terbaik untuk percakapan yang produktif.

Perasaan Cemburu

Kecemburuan adalah pembunuh dalam hubungan, terutama hubungan jarak jauh. Rasa waspada, menuduh, atau menginterogasi pasangan secara berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak dihargai. Bila merasa ada yang tak beres, coba bicarakan secara jujur dengan pasangan. Cobalah untuk berterus terang dan bersedia menyelesaikan masalah bersama-sama. Namun perlu dicatat, apapun pernyataan jujur dari pasangan harus siap untuk dihadapi ya.

Menyimpan Rahasia Satu Sama Lain

Menyimpan rahasia dari pasangan karena takut mengecewakan bisa menjadi penyebab renggangnya suatu hubungan. Terlepas dari niat baikmu dalam merahasiakan suatu informasi, kebiasaan untuk menutupi fakta dapat melemahkan kepercayaan yang menjadi dasar dalam hubungan. Sekali kepercayaan rusak, pondasi dalam hubungan akan sulit untuk diperbaiki. Cobalah untuk jujur pada pasanganmu dan berusaha untuk memahami satu sama lain. Baik atau buruknya informasi yang disampaikan, bila saling memahami maka akan lebih mudah menghadapinya bersama.

Bangun fondasi kuat dalam hubungan agar jarak pun tak bisa memisahkanmu dan pasangan. Yang terpenting, ingat apa yang menyatukanmu dengan pasangan, yaitu cinta.

 

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading