Sukses

Relationship

5 Cara Kuatkan Hati saat Belum Berjodoh dengan Dia yang Kamu Suka

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang sudah dekat belum tentu menjadi jodoh kita. Dia yang kamu suka pun belum tentu memiliki perasaan yang sama denganmu. Ketika seseorang yang kamu suka ternyata bukan belahan jiwamu, kadang hidup seakan terasa tak sama lagi.

Belum berjodoh dengan dia yang kamu sukai bukan akhir dari segalanya. Kenyataan ini pahit, tepi hidup akan terus berputar. Masih ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan diri dan hati lagi.

 

 

1. Pahami bahwa Jodoh Terbaik Hadir di Waktu Terbaik

Mengutip buku Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi, "Ada yang bahagia ditinggal pergi. Dan ia semakin yakin diri. Orang yang pergi meninggalkan memang bukan dia yang diajak saling menguatkan." Kalau dia yang kamu suka ternyata bukan jodohmu berarti memang ada orang yang lebih tepat untukmu. Ada seseorang yang lebih tepat untukmu, dan kamu perlu meneguhkan hati dengan keyakinan itu.

 

 

2. Uraikan Rasa Tak Nyaman di Dalam Diri

Sedih, kesal, marah, dan kecewa mungkin kamu rasakan saat hati terluka. Emosi negatif yang ada pun bisa membuatmu sulit untuk melangkah ke depan, tetapi kamu perlu berdamai dengan semua perasaan itu agar hati bisa terasa lebih ringan. Menangis, menulis jurnal, atau melakukan hal-hal yang membuat diri nyaman bisa bantu mengurankan rasa tak nyaman dalam diri.

 

3. Luangkan Waktu untuk Fokus Menenangkan Diri

Agar emosi negatif mereda bisa coba luangkan waktu khusus untuk menenangkan diri. Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, janganlah melawan emosi negatif kita. Amati dan bertemanlah dengannya. Emosi negatif yang kuat itu seperti lumpur yang mengotori akuarium. Agar kita bisa melihat ikan di dalam akuarium dengan jelas, kita perlu membiarkan lumpur mengendap dulu di dasar akuarium. Supaya lumpur mengendap, kita tak bisa memasukkan tangan kita ke dalam akuarium tersebut tetapi sabar menunggu agar lumpurnya bisa mengendap dengan sendirinya.

4. Buat Perubahan yang Lebih Baik dalam Hidup

Menghadirkan perubahan baru bisa jadi semacam penanda untuk membuka lembaran baru. Kamu bisa membuat sebuah perubahan yang positif dalam diri. Bisa membuat perubahan dari sisi penampilan, atau dari sisi kebiasaan baru. Saat kita sudah bisa melakukan sebuah perubahan, maka kita bisa lebih kuat jalani kehidupan yang baru.

5. Perkuat Harapan-Harapan Baik

Doakan saja dia berbahagia dengan jodohnya. Serta, perkuat doa untuk diri sendiri agar bisa senantiasa kuat. Perkuat harapan-harapan baik untuk diri sendiri. Maafkan semuanya dan segalanya agar jiwamu bisa lebih ringan dan lebih mudah menghadirkan hal-hal baik dalam hidup.

Semoga jodoh terbaikmu datang di waktu yang memang paling tepat untukmu, ya. Yakin saja, perkara jodoh tak akan pernah tertukar dan semuanya akan terjadi di waktu yang paling indah.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading