Sukses

Relationship

5 Tips Mengatasi Hubungan yang Mulai Renggang dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Menjalani hubungan percintaan pasti tidak akan lepas dari tantangan. Namun, adanya tantangan tersebut yang membuat hubungan bisa semakin kuat dan intim. Meski sebagian orang bisa mengalami kerenggangan. Saat hal itu terjadi, kamu harus segera mengatasinya agar hubungan tidak semakin jauh dan rusak.

Tantangan yang dimaksud ialah pertengkaran, baik yang dipicu karena kesalahpahaman, berbohong, tidak direstui orang tua, cemburu, selingkuh, dan masih banyak lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi hubungan yang mulai renggang? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mencari penyebab mengapa hubungan renggang

Hubungan yang renggang bisa disebabkan banyak faktor. Penyebab tersebut bisa saja datang dari diri kamu sendiri, pasangan, atau orang lain. Oleh karena itu, carilah penyebab mengapa hubungan bisa renggang agar solusi juga bisa didapatkan. Beberapa poin berikut bisa kamu perhatikan:

  • Sejak kapan hubungan renggang?
  • Apa yang berbeda dulu dan sekarang?
  • Apa yang diinginkan pasangan?
  • Apa yang dibutuhkan kamu dan pasangan?

Coba tanyakan dulu pada diri sendiri, kemudian tanyakan pada pasangan. Komunikasikan secara baik-baik demi kebaikan hubungan ke depannya.

2. Mengakui kesalahan

Setiap orang memiliki emosi, namun jika tidak bisa mengontrol emosi maka bisa membuat hubungan semakin runyam. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengakui kesalahan. Sampaikan pada pasangan bahwa kamu menyesal telah melakukan hal itu dan ingin memperbaiki hubungan. Saat satu pihak mulai mengalah, pihak yang lain pun akan turut menurunkan egonya.

3. Beri ruang

Saat hubungan sedang tidak baik-baik saja, ada saatnya saling memberikan ruang. Kamu bisa memberikan ruang pada pasangan, begitu pula untuk diri kamu sendiri. Renungi semua kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Pikirkan apa yang perlu diperbaiki agar ke depan tidak terulang kejadian yang sama.

Setelah itu, barulah bisa meminta maaf pada pasangan dan saling bertukar pendapat terkait kelanjutan sebuah hubungan.

4. Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar. Karenanya kamu usahakan menjadi pendengar yang baik untuk pasangan kamu. Ketika terjadi kesalahpahaman, kamu harus mendengarkan penjelasannya terlebih dahulu sebelum mengatakan banyak hal.

Sedangkan jika hubungan sudah mulai baik kembali. Jadilah pendengar yang baik untuk pasanganmu, dengarkan semua keluh kesah mereka dengan baik dan berilah saran di waktu yang tepat.

5. Perdalam komunikasi

Dalam sebuah hubungan, salah satu hal yang penting adalah komunikasi. Kamu harus menjaga komunikasi agar tetap baik dengan pasangan. Pasalnya komunikasi yang terjalin baik pastinya meminimalisir pertengkaran.

Demikianlah tips mengatasi hubungan yang mulai renggang dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading