Sukses

Relationship

5 Cara Redakan Sedih saat Saling Suka tapi Tak Bisa Bersama

Fimela.com, Jakarta Pernah berada di hubungan yang sangat dilematis seperti ini? Kamu dan dia saling suka, tapi karena berbagai hal dan situasi yang ada, kalian tak bisa bersama. Yang tadinya ada harapan untuk bisa menjalin hubungan yang kuat dan harmonis, kini harus merelakan satu sama lain.

Kesedihan yang dirasakan memang bisa membuat kita seakan sudah kehilangan harapan hidup. Namun, hidup terus berjalan, dan pilihan paling bijak untuk diambil di situasi seperti ini adalah meredakan kesedihan yang ada. Caranya bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana berikut ini.

1. Sadari Rasa Sedih yang Hadir

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Ketidakbahagiaan, kesedihan, atau yang kita anggap sebagai perasaan negatif, sebenarnya bukan musuh. Kadang kala kesedihan, kecemasan, dan kekecewaan adalah bagian dari perasaan normal yang terjadi." Saat merasa sedih, coba untuk menyadarinya dan membiarkannya mengalir apa adanya. Tak perlu menolak atau memusuhi hadirnya perasaan tersebut. Biarkan dirimu bersedih. Kalau memang ingin menangis, menangislah agar hati dan perasaanmu lega.

2. Hindari Sikap Menyalahkan

Tak perlu menyalahkan apa pun dan siapa pun. Kamu dan dia yang tak bisa bersama meski saling suka memang sebuah kenyataan yang menyakitkan untuk dihadapi. Namun, tak perlu memperburuk keadaan dengan sikap menyalahkan. Coba untuk melapangkan hati dengan memaafkan dan merelakan. Dengan begitu, kamu tak lagi terbebani dengan hal-hal yang memang sudah semestinya direlakan.

3. Hadirkan Harapan Baik

Saatnya untuk fokus dengan memperkuat pikiran baik dan positif. Hadirkan harapan baik untuk dirimu sendiri juga untuk dirinya. Hadirkan doa baik dengan harapan dia bisa menemukan dan mendapatkan kebahagiaannya. Begitu juga untuk dirimu sendiri, kuatkan harapan bahwa dirimu juga masih bisa bahagia dengan langkah kehidupan yang baru di depan.

4. Pulihkan Harga Diri

Memulihkan harga diri bisa bantu redakan rasa sedih dan tak nyaman yang masih dirasakan. Bagaimana cara memulihkan harga diri? Salah satunya adalah dengan kembali mencintai diri sendiri. Ketika sedih dan merasa terluka, fokusmu adalah dirimu sendiri. Rawat diri sendiri dengan lebih baik lagi agar dirimu bisa kembali tenang dan kuat jalani harimu.

5. Luangkan Waktu untuk Menyenangkan Diri Sendiri

Lakukan hal yang paling kamu suka untuk menghadirkan rasa bahagia dan senang untuk dirimu sendiri. Kalau menyepi atau menyendiri bisa bantu redakan sedihmu, luangkan waktu untuk itu. Kalau bepergian atau mengunjungi tempat baru bisa hadirkan rasa nyaman yang baru, izinkan diri melakukannya. Selama ada hal yang masih bisa dilakukan untuk membuatmu bahagia, rasa sedih yang kamu rasa bisa reda.

Semoga ke depannya kamu bisa meraih kebahagiaan yang baru, ya. Terima kasih sudah bertahan melakukan yang terbaik hingga hari ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading