Sukses

Relationship

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan di Usia 30 Tahun

Fimela.com, Jakarta Menjadi seseorang yang bijaksana terhadap diri sendiri itu perlu. Kamu memang memiliki kehidupan sosial yang harus dijaga, tapi ada beberapa kebiasaan yang mungkin sudah seharusnya disesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, terutama jika usia sudah semakin bertambah. Kesehatan bukan lagi hal yang harus diabaikan. Jika sudah memasuki usia 30 tahun, ini sekian kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan.

1. Begadang

Sejujurnya, tidur larut malam tidak baik untuk usia berapa pun, apalagi usia 30 tahun ke atas, di mana kamu sudah harus menyadari bahwa ini sangat merugikan. Pertama, tubuh tidak mendapat waktu cukup untuk tidur atau istirahat di mana sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan perbaikan diri. Akibatnya, kamu sering merasa lelah, malas, mengantuk dan bahkan gampang marah. Kedua, kebiasaan begadang membuatmu cepat tua.

2. Merokok

Tidak ada hal baik yang bisa kamu dapatkan dari merokok selain memupuk penyakit. Diketahui dari WHO, dalam sebatang rokok konvensional terkandung lebih dari 7.000 bahan kimia dengan 250 di antaranya membahayakan kesehatan. Jadi mengapa harus mengeluarkan uang untuk membeli penyakit? Mungkin terlihat keren pada awalnya, tapi salahkan dirimu sendiri jika sering sakit-sakitan.

3. Minum minuman beralkohol

Ketika usia semakin bertambah, kebugaran tubuh akan mulai berkurang apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga, dan ini akan diperparah dengan kebiasaan minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol bukan hanya menyiksa ginjal tapi juga berisiko merusak organ hati, tukak lambung, kejang hingga kematian. Jadi silakan saja memilih untuk menyayangi tubuhmu atau kebiasaan burukmu.

4. Berpakaian terbuka

Banyak perempuan ternyata setuju untuk mengubah gaya berpakaian seiring bertambahnya usia, terutama untuk tidak lagi berpakaian ketat dan terbuka sehingga sering menunjukkan bagian tubuh. Pakaian terbuka memberikan kesan tidak berkelas, kurang sopan, tidak elegan. Perempuan sering dinilai dari penampilannya, dan definisi cantik adalah ketika dirimu mampu menjaga harga diri dengan memilih baju yang sopan, rapi, nyaman dipakai dan pantas dikenakan ke mana pun.

5. Mengabaikan skincare

Semakin tua tentu kamu harus sadar diri bahwa tidak selamanya kamu bisa mengabaikan perawatan wajah jika tidak ingin timbul keriput dengan cepat. Usahakan paling tidak memakai pelembap, serum dan rajin membersihkan wajah dari makeup setiap harinya untuk memenuhi nutrisi kulit dan memperlambat proses penuaan dini.

6. Boros dan impulsif

Semakin bertambah usia sudah seharusnya semakin sadar akan kestabilan finansial. Tak perlu menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang kurang perlu. Akan lebih baik jika ditabung, dan bahkan diinvestasikan. Daripada beli banyak baju untuk gaya, lebih baik beli banyak emas untuk disimpan sepanjang masa, apalagi harganya tak akan turun.

7. Tak pernah olahraga

Kebiasaan buruk ini harus segera dikurangi. Mulailah jalan kaki selama 30 menit jika tak suka olahraga apa pun. Berjalan saja sudah bisa membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah dan bahkan meningkatkan kebugaran. Pilih olahraga apa pun yang kamu suka dan terapkan sempatkan untuk melakukannya setiap hari.

8. Makan makanan tak sehat

Kebiasaan makan junk food jangan dibawa sampai tua. Selain hanya tinggi kalori dan rendah gizi, makanan semacam ini hanya akan membuatmu kegemukan dan mengundang banyak penyakit. Pilih menu sayur, buah, ikan, daging dan berbagai macam makanan kompleks lainnya agar tidak mudah lelah.

Seiring bertambahnya usia, sudah semestinya kita menjadi bijak kepada diri sendiri. Mengurangi kebiasaan di atas bukan hanya untuk menjaga kesehatan tapi juga menyayangi diri sendiri.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading